Ditagih Pembangunan Stadion Sekelas Old Trafford dan Allianz Arena, Begini Jawaban Sandiaga


SURATKABAR.ID – Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta periode selanjutnya menegaskan komitmennya untuk membangun stadion bertaraf internasional sebagai home base Persija. Mengenai hal tersebut, nanti pemerintah hanya menyediakan lahan. Sementara pembangunannya diserahkan kepada swasta.

Diungkapkan oleh Sandi, hingga saat ini sudah ada beberapa investor yang menyatakan kesiapannya bekerja sama dalam pembangunan stadion tersebut.

“Ada beberapa, 5 sampai 6 investor. Kita buka saja nanti yang terbaik. Ini kemitraan dunia usaha dan pemerintah, ” kata Sandi di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2017). Sebagaimana diterbitkan dalam Republika.

Taman BMW

Sandi lantas menjelaskan, untuk lahan pembangunan stadion tersebut prioritasnya adalah di Taman BMW. Sandi kemudian menyatakan dirinya masih mempunyai waktu untuk mengurus pembebasan lahan untuk pembangunan tersebut.

Baca juga: Berjanji Tutup Alexis, Ini Pesan Ahok Kepada Anies-Sandi

“Prioritas utama nanti di Taman BMW. Ini kita punya waktu untuk menyelesaikan waktu dengan berdasar pada hukumnya. Tim hukum yang diterjunkan mereka menyanggupi,” tutur Sandi.

Sandi juga memastikan, segala proses pembangunan stadion tersebut akan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

“Kita akan buka selebar-lebarnya. Prosesnya kita akan pastikan transparan, akuntabel dan ini nanti kemitraan juga sama teman-teman yang ada di dunia usaha,” terang Sandi.

Sebelumnya, janji bermula ketika paslon Anies-Sandi dalam kampanyenya menyertakan dukungan serta menyanggupi mereka akan membangun stadion sepakbola taraf internasional untuk Persija. Stadion yang digembar-gemborkan akan memenuhi standar FIFA (Asosiasi Sepakbola Internasional) ini, pada rencana awalnya, akan dibangun di kawasan Sunter, Jakarta Utara, dengan acuan sekelas dua stadion milik Manchester United dan Bayern Munich.

Stadion yang tak kalah megah dari Stadion Shah Alam di Malaysia, rumputnya seapik Old Trafford di Kota Manchester, Inggris, serta kursi penonton yang tak kalah nyaman dari Allianz Arena di Kota Munich, Jerman, ditambah dengan trek atletik serta pusat olahraga lainnya akan dipersembahkan bagi “Macan Kemayoran” Persija, jika paslon yang didukung Prabowo Subianto ini berhasil mendapatkan suara terbanyak di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua 2017.

Baca juga: Sandiaga Uno Respon Tuntutan Hukum Ahok, Dengan Mendoakan Begini

Anies-Sandi juga ingin warga Jakarta dan turis domestik serta mancanegara menjadikan stadion itu sebagai destinasi wisata baru. Mereka tak hanya ingin membuat tempat bertanding sepakbola, tapi juga museum sepakbola serta patung-patung legendaris sepakbola Jakarta di depan stadionnya.