Microsoft Siap Gunakan Cara Baru untuk Mengamankan Akun dan Data Pengguna Produknya


© thenextweb.com

SURATKABAR.ID – Jika sekarang ini untuk melakukan pengamanan akun, maka banyak perusahaan memberlakukan sistem autentifikasi dua arah, namun justru menurut Microsoft hal tersebut terlalu membuang-buang waktu.

Seperti yang diberitakan oleh TheNextWeb.com (20/4/2017), Microsoft menggunakan cara baru yang menurut mereka lebih praktis, efisien, simple dan cukup aman diterapkan, yaitu dengan melakukan hubungan langsung kepada pengguna akun dari produk layanan mereka.

“Prosesnya lebih mudah dibandingkan dengan verifikasi dua arah standar dan secara signifikan lebih aman daripada hanya menggunakan kata sandi atau password saja,” jelas Microsoft dalam pernyataannya.

Secara umum, apa yang sedang coba diberlakukan Microsoft ini mirip dengan apa yang sudah dilakukan Google untukmemverifikasi data pengguna dan identitas pihak yang ingin log in. Akan tetapi pihak Microsoft enggan mengatakan bahwa apa yang sedang ingin mereka canangkan itu menyerupai apa yang sudah dilakukan kompetitornya tersebut.

Untuk melakukan ini, Microsoft akan mengaktifkan fitur masuk telepon yang memungkinkan pengguna akun dari produknya untuk memverifikasi apakah akun tersebut benar-benar miliknya atau bukan.

Untuk menggunakan fitur autentifikasi dari Microsoft ini, Anda cukup masuk ke menu Setting dan mencentang beberapa blok yang tersedia sebagai tanda persetujuan untuk dilakukannya pengamanan tersebut. Setelah itu, setiap kali Anda akan log ini, maka Anda akan menerima notifikasi via perangkat mobile sebagai verifikasinya.

Belum diketahui apakah fitur autentifikasi seperti ini sudah dirilis dan dapat digunakan oleh pengguna Microsoft lainnya atau belum. Hanya saja, dengan diberlakukannya sistem tersebut, maka diharapkan dapat mampu menjaga keamanan akun dan data-data di dalamnya.

Bagi Anda yang tidak menginginkan sistem ini berlaku di akun Anda, maka Anda dapat kembali mengubah di menu Settingan dan mematikan beberapa centangan yang telah tersemat sebelumnya.