Seperti di Film Hollywood, Sekarang Sedang Dikembangkan Prototype Mobil Terbang


© newatlas.com

SURATKABAR.ID – Mungkin selama ini Anda hanya dapat melihat kendaraan atau mobil yang memiliki kemampuan untuk dapat terbang di film-film sci-fy Hollywood saja, namun ada kemungkinan sebentar lagi hal tersebut akan benar-benar ada di dunia nyata.

Beberapa tahun lalu, ada sebuah perusahaan berbasis di Israel, Urban Aeronautics, sedang mengembangkan alat transportasi baru VTOL atau kependekan dari Vertical Takeoff and Landing yang awalnya mereka namakan AirMule dan berganti menjadi Cormorant.

Seperti yang dikutip dari NewAtlas.com (1742017), Cormorant tersebut  sebenarnya diciptakan untuk tujuan sebagai kendaraan militer, namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari dapat menjadi kendaraan atau alat transportasi yang dapat digunakan oleh orang umum lainnya.

Ternyata, tidak hanya Cormorant saja yang pernah membuat banyak orang kagum karena sekarang ini ada lagi kendaraan sejenis yang dinamakan CityHawk dari hasil pengembangan sebuah perusahaan di North Carolina.

Antara CityHawk dan Cormorant ini memiliki ukuran dan bentuk yang hampir mirip. Pada bagian dalamnya terdapat kipas khusus yang berfungsi untuk mengangkat kendaraan ke atas atau ke bawah, seperti cara kerja sebuah helikopter. Dengan keberadaan rotor kipas tersebut maka sang pembuatnya mengklaim bahwa kendaraannya itu aman untuk digunakan terbang ataupun saat akan melakukan pendaratan.

Dalam penjelasan sang pengembang, Cityhawk ini mampu mengangkut 4 penumpang termasuk pengemudi. Rencananya, pengembang dari CityHawk akan mengaplikasikan teknologi khusus agar kendaraan tersebut dapat terbang secara otomatis dengan dikemudikan oleh mesin seperti yang terlihat pada Cormorant.

CityHawk ini menggunakan bahan bakar yang biasa digunakan oleh pesawat jet dan pengembangnya menjelaskan bahwa kemungkinan nantinya juga dapat menggunakan hydrogen cair. Untuk sementara memang CityHawk belum dirilis secara resmi karena sampai sekarang ini sedang dalam proses pengembangan dan harus melalui serangkaian uji coba agar tidak menimbulkan sesuatu masalah apapaun di kemudian hari.