Terungkap! Ternyata Begini Kisah Panggilan ‘Jokowi’ Untuk Presiden Kita


SURATKABAR.ID Saat menyebut Presiden RI ke 7 Joko Widodo, kita sudah sangat biasa menyapa dengan Jokowi. Pemenggalan nama seperti itu tidaklah jamak di Indonesia ataupun di budaya sekalipun. Namun kita tak pernah mempertanyakan darimana asal sapaan tersebut.

Benar saja, pemenggal nama Presiden Joko Widodo menjadi Jokowi itu memang bukanlah orang Indonesia. Dialah Bernard,  importir mebel asal Perancis yang menjadi pembeli pertama ketika Jokowi menjadi eksportir mebel.

Joko Widodo, memang awalnya menjadi wirausahawan yang bergerak di bidang pengolahan kayu. Selama menjalankan bisnisnya, Presiden berusia 53 tahun ini berhubungan dekat dengan Bernard.

“Joko Widodo is complicated. Jokowi is good,” kata Bernard saat bertamu ke rumah Joko Widodo sehari sebelum pelantikannya menjadi Presiden ke-7 Indonesia, seperti dilansir dari Sooperboy.

Pria ini pun kemudian memperkenalkan dirinya yang merupakan pembeli pertama produk kayu hasil olahan perusahaan Jokowi.

Baca juga: Demi Turunkan Tensi di Pilkada, Ulama Sarankan Jokowi Untuk…

Bernard menjelaskan, ia menyingkat nama Jokowi karena kesulitan mengucapkan nama Joko Widodo yang sarat akan huruf o. Lebih lanjut ia mengatakan, nama Joko terlalu umum dan dimiliki banyak pria Indonesia. Alhasil, ia pun menyingkatnya menjadi Jokowi, sebuah panggilan yang easy listening dan lebih mudah diucapkan.

Iriana, istri Jokowi mengatakan pria kulit putih ini dulunya sering memberikan masukan kepada suaminya soal produk olahan kayu. Perusahaan milik Joko Widodo yang bernama Rakabu Sejahtera itu berhasil menembus pasar Eropa karena standard kualitas yang disarankan oleh Bernard.

Miyono, Paman Iriana yang memberi kesempatan Jokowi menimba ilmu di perusahaannya mengatakan, Bernard dulu sering marah dan komplain. Komplain terhadap mebel produk Jokowi itu dianggap sebagai masukan. Hubungan Jokowi dan Bernard justru semakin erat bahkan menjadi sebuah pertemanan yang kini telah berlangsung 21 tahun.

Saat bertemu Joko Widodo menjelang pelantikan Presiden, Bernard langsung memberi pujian dengan mengatakan bahwa Jokowi tidak berubah. Dia masih terlihat sebagai pria sederhana. Bagi Bernard, Jokowi bukan politisi, namun pemimpin sejati.

Dilansir dari Wikipedia, Joko Widodo berasal dari keluarga sederhana. Bahkan, rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali, ketika dia masih kecil, tetapi ia mampu menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.

Setelah lulus, dia menekuni profesinya sebagai pengusaha mebel. Karier politiknya dimulai dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005.Namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah Kota Surakarta menjadi kota pariwisata, kota budaya, dan kota batik.

Pada tanggal 20 September 2012, Jokowi berhasil memenangi Pilkada Jakarta 2012. Kemenangannya dianggap mencerminkan dukungan populer untuk seorang pemimpin yang “muda” dan “bersih”, meskipun umurnya sudah lebih dari lima puluh tahun.