Hike Messenger, Penantang Baru Bagi WhatsApp dari India


© neurogadget.net

SURATKABAR.ID – Mungkin sekarang ini banyak pengguna smartphone yang memakai aplikasi chatting, seperti Line, KakaoTalk, Telegram, BlackBerry Messenger (BBM) sampai dengan WhatsApp. Namun dari semua aplikasi chat yang ada dan digunakan hampir seluruh pengguna perangkat mobile di dunia, WhatsApp masih menduduki peringkat tertinggi.

Namun nampaknya akan ada penantang baru bagi WhatsApp yang dinamakan Hike Messenger. Aplikasi chat satu ini merupakan sarana komunikasi mirip seperti WhatsApp yang diciptakan oleh developer asal India.

Sampai sekarang ini, sudah lebih dari 50 juta orang mengunduh Hike Messenger di Google Playe. Hike Messenger disebut-sebut sebagai pesaing terberat WhatsApp di India mengingat 90 persen dari seluruh jumlah penggunanya adalah orang India. Secara umum, fitur yang dimiliki Hike Messenger tidak jauh berbeda dengan WhatsApp.

Hanya saja, ada satu fitur yang menarik yang dipunyai Hike Messenger, yaitu Mobile Payment, Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan transaksi keuangan via gadget secara mudah, cepat dan efisien. Memang sebelumnya ada rumor bahwa WhatsApp sedang berusaha menciptakan fasilitas tersebut namun sampai sekarang masih sebatas rumor belaka dan justru Hike Messenger sudah selangkah lebih cepat.

Seperti yang dikutip dari GadgetsNow.com (17/4/2017), Mobile Payment di Hike Messenger ini menggunakan mekanisme transfer rekening antarbank resmi dari pemerintahan lokal yang biasa disebut UPI (Unified Payment Interface). Perusahaan pengembang aplikasi ini juga telah membicarakan rencana mereka kepada beberapa bank di India untuk mendapatkan dukungan dari program mereka itu.

Mobile Payment yang ditawarkan bukan hanya penggunaan UPI namun juga aplikasi pembayaran Bharat Interface for Money (BHIM).

Pemerintah India sendiri telah meluncurkan aplikasi Bhim-Aadhar atau Aadhar Pay pada hari Sabtu (15/4) yang mengontentikasi rincian biometrik setiap rekening pelanggan melalui pemindaian sidik jari sehingga mampu meningkatkan sistem keamanan pengguna pembayaran online.