Ini Cara Mudah Agar Akun Twitter Anda Kebal Terhadap Peretasan


© thenextweb.com

SURATKABAR.IDPeretasan akun adalah suatu masalah yang kerap menghantui banyak orang di seluruh dunia. Banyak hal yang menyebabkan akun seseorang dapat diretas yang salah satunya karena keteledoran diri sendiri.

Untuk itu, Twitter ternyata telah membuka jalan agar penggunanya dapat menggunakan aplikasi third-party autentifikasi dua arah, seperti Google Authenticator atau Aunty, sejak beberapa bulan lalu. Sayangnya, , perusahaan sosial media berlogo burung ini tidak mempublikasikan kepada para pengguna. Dikarenakan hal itu, banyak penggunanya yang tidak mengetahui bahwa ada cara tepat dan aman yang dapat mereka gunakan untuk mengamankan akunnya dari incaran peretas.

Nah, bagi yang ingin mencoba fitur baru dari Twitter itu untuk mengamankan akunnya dari incaran tangan-tangan jahil, berikut ini adalah langkah-langkah mudahnya, seperti yang dijelaskan oleh TheNextWeb.com (17/4/2017).

  1. Instal aplikasi third-party autentifikasi sepeti Google Authenticator atau Aunty atau lainnya ke perangkat dan hubungkan dengan akun Twitter pribadi agar nantinya dapat digunakan lebih lanjut.
  2. Log in ke Twitter dengan menggunakan ID dan password yang Anda miliki.
  3. Masuk ke menu Setting > Security > centang box yang tertulis “Verify login requests” > ketik kode verifikasi yang akan selalu Anda terima dari SMS.
  1. Klik tombol berlabel “Setup a code generator app” yang mana nantinya akan muncul pop-up khusus sebagai pemberitahuan. Aktifkan aplikasi third-party autentifikasi dua arah tersebut di perangkat untuk memindai barcode.
  2. Setelah semuanya dilakukan, Anda akan melihat 6 digit kode berlabel Twitter di aplikasi third-party autentifikasi dua arah tersebut. Setelah melakukan pengaplikasian tersebut, di kemudian hari jika Anda ingin Log in kea kun Twitter Anda itu, maka akan ada permintaan pengisian kode khusus yang bakal terus berubah dalam setiap detiknya.

Bagaimana? Mudah, bukan? Selamat mencoba.