5 Aplikasi Android Menarik untuk Hemat Tenaga Baterai


©unronline.com

SURATKABAR.ID – Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para pengguna perangkat mobile pintar saat ini adalah kehabisan baterai. Memang sudah banyak vendor-vendor mobile dunia yang mengklaim produknya memiliki baterai yang tahan lama, namun pada kenyataannya tidak seperti yang digembar-gemborkan.

Untuk itu, diperlukan langkah-langkah cermat jika Anda ingin menghemat baterai, khususnya bagi yang jarang atau tidak membawa power bank sebagai alternatif pengisi daya tambahan untuk baterai. Berikut ini adalah beberapa aplikasi bagus yang dapat menjaga sampai meningkatkan kapasitas baterai smartphone atau gadget yang Anda miliki, seperti yang diulas oleh CNET.com (8/2/106).

Greenify

Greenify merupakan aplikasi khusus yang bertugas secara otomatis menjaga kapasitas baterai pada sebuah perangkat mobile agar tetap dalam kondisi yang stabil. Developer Greenefy menciptakan aplikasi tersebut untuk dapat membuat aplikasi-aplikasi lainnya terhibernate daripada harus mematikannya secara paksa.

Go Battery Saver & Power Widget

Aplikasi bernama Go Battery Saver & Power Widget ini dapat memantau secara terus menerus setiap aplikasi yang diindikasikan memiliki imbas besar terhadap baterai atau juga rakus akan daya. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka pengguna smartphone dapat membersihkan semua aplikasi yang berjalanm di bawah layar agar baterai tetap terjaga kapasitasnya dan tidak terkuras oleh seragam aktivitas yang tidak diinginkan.

Avast Battery Saver

Aplikasi buatan Avast bernama Avast Battery Saver ini memiliki kemampuan untuk memprediksi kapan penggunanya akan melakukan charging atau tidak. Jika penggunanya melakukan charging, maka secara otomatis Avast Battery Saver akan berubah dari mode biasa ke power-saving mode. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat secara leluasa mengatur penggunaan Wi-Fi, tingkat kecerahan layar sampai dengan penggunaan vibrasi secara otomatis.

DU Battery Saver & Phone Charger

 Mungkin dari semua aplikasi yang ada, DU Battery Saver & Phone Charger adalah aplikasi yang tepat untuk digunakan sebagai ‘satpam’ yang bertugas untuk mengawasi aplikasi atau aktivitas apa yang rakus akan baterai. Bahkan, DU Battery Saver & Phone Charger dapat mengeliminasi aktivitas yang tidak perlu agar dapat meningkatkan performa baterai.

Green Battery Saver & Manager

Green Battery Saver & Manager yang dikenal juga dengan Battery Aid adalah aplikasi yang mampu menggenjot kapasitas baterai semaksimal mungkin jika sudah akan habis agar dapat memberikan waktu kepada pengguna perangkat untuk dapat melakukan charging sebelum gadgetnya benar-benar mati. Selain itu, seperti halnya aplikasi sejenis, Green Battery Saver & Manager dapat mengawasi aktivitas dan aplikasi lain yang rakus akan daya dan kemudian dapat mematikannya.