Akhirnya Airbnb Gunakan Sistem Autentifikasi Dua Arah


© optimizemyairbnb.com

SURATKABAR.ID – Untuk mencegah terjadinya pencurian akun, maka baru-baru ini Airbnb mengumumkan telah menggunakan satu langkah-langkah preventif terbaru. Langkah-langkah tersebut seperti yang sekarang banyak digunakan di media-media sosial atau email, yaitu verifikasi dua arah.

Maksudnya dari verifikasi dua arah adalah jika ingin masuk kea kun Airbnb, maka seseorang membutuhkan dua kode khusus yang harus diisikan di website dan juga yang dikirimkan ke perangkat mobile sang pemilik akun.

Autentifikasi dua arah ini akan dikirimkan melalui SMS atau email, tergantung dari settingan awal yang dilakukan oleh pemilik akun. Memang cara semacam ini bukan menjadi satu hal yang baru lagi karena media-media sosial seperti Googel (Gmail), Twitter sampai dengan Facebook telah terlebih dahulu menggunakannya sampai sekarang.

Ide terciptanya penerapan sistem autentifikasi dua arah ini setelah muncul beberapa laporan yang mengatakan bahwa akun Airbnb mereka telah diretas atau dicuri oleh orang lain dan kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Seperti yang dikutip dari TheVerge.com (14/4/2017), bagi orang yang berhasil meretas atau mendapatkan akun Airbnb seseorang, maka dia dapat menggunakan atau memiliki hak akses penuh untuk membeli atau memesan barang apapun dengan menggunakan akun tersebut. Jika hal itu terjadi, maka sang pemilik akun asli akan dirugikan karena tidak merasa bertransaksi, akan tetapi masih harus membayar tagihannya.

Namun dalam sistem yang diterapkan oleh Airbnb ini memiliki sedikit perbedaan seperti yang digunakan oleh media-media sosial lainnya, yaitu jika suatu waktu ada aktivitas janggal atau ada usaha untuk login dari negara lain (bukan dari negara sang pemilik akun), maka sistem para Airbnb akan meminta konfirmasi tambahan sebagai bukti bahwa orang tersebut adalah pemilik akun yang asli.

Pihak Airbnb juga berharap agar dengan adanya ‘dinding tambahan’ seperti itu maka dapat membuat pengguna jasa layanannya menjadi tenang dan tidak dirugikan. Selain dapat sebagai autentifikasi dua arah, langkah tersebut juga berfungsi sebagai update aktivitas terhadap segala perubahan yang terjadi pada setiap akun.