Barbagallo X01, kendaraan Listrik Italia Hasil ‘Perselingkuhan’ antara Motor dan Mobil


© newatlas.com

SURATKABAR.ID – Sebuah inovasi unik, saat ini sedang dikembangkan oleh salah satu industri Italia, yang mana bakal hadir sebuah kendaraan unik yang mungkin akan membuat semua orang menyukainya yang dinamakan Barbagallo X01.

Produk satu ini merupakan kendaraan berbentuk mobil dengan kursi tunggal yang bertenaga listrik. Sebenarnya ini pun bukan sepenuhnya mobil karena rodanya tiga, dan ada pengayuh untuk menambah kecepatan. So, ini adalah kendaraan di tengah-tengah antara motor dan mobil.

Barbagallo X01 ini dibuat oleh desainer industri Giorgio R. G. Barbagallo, yang mana X01 dilengkapi dengan body monocoque kayu dan dibungkus serat karbon. Di bagian atas terdapat panel Sunpower yang memiliki daya 120watt untuk membantu mengisi baterai berkapasitas 48V/ 30Ah lithium-iron-phosphate.

Nah, seperti yang dikutip dari NewAtlas.com (6/4/2017), kekuatannya dikatakan mampu berkendara selama 4 jam dengan muatan maksimal atau menempuh sekitar 70km. Menarik. Meskipun itu tergolong lama. Ya, tentu saja, karena kecepatakan Barbagallo X01 ini adalah 25km/jam.

Tentu saja, ini bukan kendaraan yang dapat Anda gunakan untuk perjalanan jauh ya. Pengembang mungkin akan menggunaan Barbagallo X01 ini untuk kendaraan di tempat-tempat wisata, atau kendaraan pribadi di kawasan perumahan. So, jangan harap Anda menggunakannya di jalan raya.

Ada beberapa fitur dari BX01 ini yang tergolong menarik, salah satunya adalah sistem penuh pencahayaan menggunakan LED. Ada pula suspensi hidrolik, kompartemen kargo kecil, serta sistem pengereman cakram yang terdapat di bagian depan dan juga belakang. Secara prototipe, berat kendaraan ini adalah 55 kg.

Jika Anda tertarik untuk memiliki Barbagallo ini, cukup keluarkan kocek sebesar USD 15.969 atau setara dengan Rp 211,7 juta. Namun Barbagallo ini baru akan tersedia dan siap dikirim pada bulan Juni 2019.