Mengerikan, Ini Bahaya Isi Baterai Ponsel di Tempat Umum


© chargetech.com

SURATKABAR.ID – Salah seorang ilmuwan India, mengungkapkan bahwa memasukkan smartphone Anda untuk dicharge di ‘colokan umum’ atau komputer menggunakan kabel USB, dapat membuat perangkat Anda rentan terhadap aktivitas hacking.

Bukan tanpa alasan, para ahli bahkan telah lama mengetahui risiko besar dari pengisian smartphone menggunakan kabel USB yang dapat meningkatkan risiko pencurian data.

Penelitian terbaru di New York Institute of Technology (NYIT), menunjukkan bahwa bahkan tanpa kabel USB pun para hacker dapat mengguanan ‘side channel’ untuk mengetahui data Anda saat pengisian baterai.

“Sebuah stasiun pengisian baterai umum akan sangat berbahaya. Karena hacker mampu mengakses data Anda dari hal-hal yang sepertinya tidak ada hubungannya. Namun ini harus jadi perhatian serius,” ungkap Kiran Balagani, salah satu peneliti di NYIT.

Studi ini untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa tanpa kabel data pun, hacker mampu melancarkan ulahnya, bahkan menganalisis kebutuhan daya perangkat untu mendapatkan informasi pribadi Anda, dengan kecepatan dan akurasi yang tergantung pada sejumlah faktor.

Jejak sisa daya bertindak sebagai ‘signature’ dan memabntu hacker menemukan situs mana yang telah dikunjungi. Para peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan kekuatan ‘signature’ tadi dan mereka telah diidentifikasi sebelumnya dan diuji serangan dalam berbagai kondisi. Para peneliti selanjutnya melakukan serangan dengan memeriksa akurasi algoritma yang dapat menentukan situs yang dikunjungi saat ponsel dicharge. Hasilnya sukses! Benar bahwa hacker mampu melakukan itu dengan akurat.

“Sejak pengisian via USB sering dipasang di beberapa pengisian umum smartphone, masyarakat harusnya sadar bahwa hal itudapat berdampak buruk pada masalah keamanan.” ujar asisten professor peneliti di New York Intitute of Technology, Paolo Gasti, seperti yang dikutip dari Gagetsnow.com (16/4/2017).