Ngeri! Rat Lungworm, Parasit Langka yang Serang Beberapa Wilayah Amerika


© nydailynews.com

SURATKABAR.ID – Para pejabat kesehatan di Hawaii telah memperingatkan warganya agar tidak menyentuh siput dengan tangan kosong karena meningkatnya angka kejadian infeksi parasit langka yang disebut Rat Lungworm. Infeksi ini dikenal sangat berbahaya dan mematikan sehingga perlu tindakan untuk mencegah penyebarannya.

Seperti yang dikutip dari Gizmodo.com (10/4/2017), Rat Lungworm adalah nama parasit dengan nama latin Angiostrongylus cantonensis yang awalnya tinggal di paru-paru, darah dan otak tikus putih.  Penyebaran parasit tersebut melalui feses tikus yang menyebar ke makhluk lain, seperti siput dan udang air tawar.

Apabila seseorang melakukan kontak langsung dan bahkan mengkonsumsi hewan yang telah terjangkit parasit ini, maka orang tersebut akan terinfeksi Rat Lungworm dan akan menyebar hingga ke bagian otak yang berkomplikasi terhadap penyakit meningitis dengan gejala tremor, nyeri dan peradangan pada organ tertentu.

Sebelumnya, selama dua dekade terakhir hanya ada dua kasus infeksi Rat Lungworm yang tercatat di Hawaii, namun dalam tiga bulan terakhir ini, sudah ada enam kasus infeksi yang menyebar dengan cepat hingga ke California, Alabama, Louisiana dan Florida. Para ilmuwan berhipotesis bahwa salah satu penyebab penyebaran yang sangat cepat ini akibat dari perubahan iklim dan globalisasi.

Tanda dan gejala penyakit ini sangat bervariasi sehingga para praktisi medis kesulitan untuk mendiagnosa, apalagi hingga saat ini belum ditemukan obat yang tepat untuk menyembuhkan infeksi Rat Lungworm sehingga penderita yang terjangkit penyakit ini memiliki prediksi tingkat kesembuhan yang buruk.

Sejauh ini penyebaran penyakit Rat Lungworm tertinggi terjadi di daerah yang memiliki tingkat ekonomi rendah dan daerah di zona transmisi infeksi penyakit tropis. Para peneliti juga terus mengembangkan penelitian lanjutan untuk menemukan penyebab penyebarannya dan obat yang tepat untuk mengatasi penyakit langka ini.