Para Ilmuwan Menemukan Planet yang Memiliki Atmosfer Seperti Bumi

© internapcdn.net

SURATKABAR.IDSebelumnya ilmuwan mengklaim bahwa Mars adalah planet yang memiliki oksigen dan atmosfer yang sama seperti bumi, namun ternyata salah. Dan kini para ilmuwan kembali mengklaim telah menemukan planet yang memiliki atmosfer seperti bumi lainnya yang mereka beri nama GJ 1132b. Planet tersebut berukuran 1,4 kali lebih besar dibanding Bumi dan berjarak sekitar 39 tahun kecepatan cahaya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Astronomical Journal, GJ 1132b memiliki atmosfer mengandung gas tebal yang tersusun dari air atau metana atau mungkin campuran dari keduanya. Namun, planet tersebut kemungkinan besar tidak dapat dihuni karena memiliki suhu permukaan mencapai 370 derajat Celcius.

“Berdasarkan pengetahuan saya, suhu terpanas yang bisa dihuni oleh makhluk hidup di bumi adalah 120 derajat Celcius dan suhu tersebut jauh lebih rendah dibanding planet ini,” jelas Dr John Southworth, pemimpin penelitian dari Keele University, seperti dikutip dari BBC.com (7/4/2017).

Awalnya planet GJ 1132b pertama kali ditemukan pada tahun 2015 dan terletak di bagian selatan konstelasi Vela. Meskipun berukuran lebih besar dari bumi, planet ini memiliki lintasan orbit yang berpusat pada bintang yang memiliki suhu jauh lebih rendah dan redup dibandingkan matahari. Oleh karena itu planet ini memiliki suhu yang jauh lebih rendah dibanding bumi. Para peneliti juga memastikan jika tidak ada makhluk yang hidup di planet tersebut.

“Jika teknologi bisa mendeteksi atmosfer, maka itu menjadi pertanda baik, karena mampu mendeteksi dan mempelajari berbagai atmosfer planet bahkan planet yang mirip dengan bumi dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Marek Kukula, astronom publik di Royal Observatory Greenwich.

Para peneliti akan terus melakukan pencarian planet baru, sehingga dapat menemukan planet yang memiliki keadaan seperti bumi sehingga dapat dijadikan tempat baru bagi kehidupan manusia.

Komentar