Buah Segar Atau Jus Buah, Mana yang Lebih Sehat?


© kreednutrition.com

SURATKABAR.ID – Sampai saat ini, perdebatan di publik umum mengenai lebih sehat mana buas segar atau jus yang terbuat dari buah. Untuk menjawabnya, maka ada penelitian yang berhasil meneliti kandungan nutrisi dalam sebuah buah segar dengan yang ada di dalam jus buah.

Buah pada dasarnya kaya akan fruktosa tetapi rendah terhadap kandungan glukosa, sedangkan pada jus buah memiliki konsentrasi gula dan kalori yang lebih tinggi. Oleh karenanya, saat buah diolah menjadi jus maka menurut penelitian, kandungan nutrisi di dalamnya akan berubah.

Misalnya saja dalam secangkir jus jeruk dengan berat 8 ons akan mengandung 21 gram kadar gula dan 112 kalori, sedangkan untuk satu jeruk yang memiliki berat yang sama hanya memiliki 12 g kadar gula dan hanya 62 kalori.

Seperti yang dikutip dari CNN.com (7/4/2017), sama halnya seperti secangkir jus cranberry dengan berat 8 ons mengandung 4 gram kadar gula dan 46 kalori, sedangkan untuk jus buah anggur yang sama-sama memiliki berat 8 ons mengandung 36 gram kadar gula dan 140 kalori.

Namun, kelemahan dari jus buah terletak pada ketidaksediaannya kandungan serat, sedangkan buah kaya akan serat. Dikarenakan hal itu sehingga minum jus tidak mampu menurunkan kadar kolesterol dan justru mempercepat peningkatan kadar gula di dalam darah.

Saat seseorang meminum jus jeruk, maka tidak diperbolehkan mengonsumsi beberapa jenis obat, seperti obat statin (simvastatin), yaitu obat untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

Hal itu dikarenakan jus jeruk dapat berinteraksi dengan simvastatin sehingga berpotensi terjadinya perdarahan, ketidaknormalan denyut jantung, kerusakan ginjal bahkan kematian mendadak.

Oleh karena itu mengonsumsi buah segar memang lebih berkhasiat dan sehat dibanding jus buah segar. Namun, jus buah sangat cocok dikonsumsi saat seseorang melakukan program diet, jika dikonsumsi dalam porsi kecil. Ditambah lagi, segelas jus jeruk segar saat sarapan, bukan hanya menyegarkan tapi juga memberikan limpahan vitamin C dan kalium.