Ditemukan Planet Mirip Bumi dengan Atmosfer di Jarak 39 Tahun Cahaya


© ews.mit.edu

SURATKABAR.ID – Dengan menggunakan teleskope medan, sekelompok tim berhasil mendeteksi keberadaan sebuah eksoplanet yang terletak sejauh 39 tahun cahaya. Dalam pantauan tersebut, planet itu memiliki ukuran kurang lebih sama dengan bumi. Namun yang mengejutkan adalah di eksoplanet tersebut terdapat atmosfer.

Memang bukan kali pertama saja para peneliti berhasil menemukan planet yang diselimuti atmosfer pada bagian luarnya. Sebelum ini, para astronom juga berhasil mengidentifikasi ada 2 planet seukuran bumi namun agak sedikit lebih besar yang dinamakan 55 Cancri e juga memiliki atmosfer. Hanya saja, suhu udara di dalamnya diperkirakan jauh lebih panas dibandingkan dengan di bumi, yaitu sebesar 2.050 derajat Celcius.

Kembali ke penemuan palnet mirip bumi yang memiliki atmosfer tadi, eksoplanet tersebut memiliki massa 1,6 lebih berat dari bumi dan ukurannya 1,4 kali lebih besar dari planet yang didiami manusia ini.

Seperti yang dikutip dari Gizmodo.com (6/4/2017), planet yang dinamai dengan nama GJ 1132b tersebut pertama kali ditemukan oleh Max-Planck Institute for Astronomy menggunakan teleskop GROND imager ESO/MPG di Chile. Uniknya, setiap 1,6 hari sekali, GJ 1132b berganti warna menjadi merah.

“Kita sebelumnya kesulitan untuk mengidentifikasi planet ini (GJ 1132b) karena banyaknya cahaya yang melintas. Tapi setelah melakukan pemokusan di daerah tertentu, kami dapat melihatnya. Plante ini cukup besar,” ungkap Paul Molliere, salah sorang peneliti dari Max-Planck Institute for Astronomy .

Terlepas dari penemuan GJ 1132b tersebut, seorang fisikawan asal University of Warwick, Tom Louden, mengatakan kagum dan terkesan atas usaha para astronom tersebut. Walaupun hanya menggunakan teleskop medan yang kecil, namun mereka dapat mendeteksi keberadaan eksoplanet yang memiliki atmosfer seperti GJ 1132b.

“Rata-rata ilmuwan dapat mendeteksi dan meneliti sebuah eksoplanet dengan menggunakan teleskop yang lebih besar dan canggih, namun mereka tidak,” ucap Louden.