Bukan Kondom atau Vasektomi, Inilah Alat Kontrasepsi Paling Manjur


    © jpninfo.com

    SURATKABAR.ID – Sampai sekarang ini salah satu cara agar pria tidak dapat memberikan keturunan atau membuat istrinya hamil karena alasan tertentu dengan melalui vasektomi. Cara ini dianggap efektif karena ada pengikatan dan pemotongan di jalur sperrma.

    Hanya saja, cara vasektomi dirasa cukup ekstrem karena sekali seorang pria melakukannya, maka seumur hidup dia tidak dapat memiliki anak lagi. Lantas bagaimana dengan cara kontrasepsi lainnya, seperti kondom salah satunya?

    Kondom memang salah satu cara yang dapat dikatakan bagus, namun efektivitasannya masih tidak dapat menunjukkan angka 100 persen. Bahkan beberapa penggunanya justru tidak mendapatkan hasil sama sekali dan istrinya tetap dapat hamil walaupun menggunakan kondom.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, ada sebuah perusahaan bernama Parsemus Foundation berbasis di California menciptakan alat kontrasepsi baru yang disebut dengan Vasagel. Alat kontrasepsi satu ini adalah sejenis jel polymer yang tidak hanya dapat menahan terjadinya pembuahan dari sperma ke indung telur, namun juga dapat ‘menarik’ kembali sperma yang akan meluncur.

    Seperti yang dikutip dari ScienceAlert.com (6/4/2017), pada saat diujicobakan di bulan Februari lalu terhadap beberapa monyet rhesus, hasilnya sang betina tidak dapat hamil sampai dua tahun lamanya. Menurut pihak perusahaan, jel yang digunakan dapat bertugas selayaknya barikade yang dapat menghambat laju sperma. Ketika terjadi penghambatan tersebut, maka sperma akan kembali diserap tubuh.

    Percobaan lanjutan dilakukan ke lusinan kelinci jantan dan hasilnya sekitar 12 bulan lamanya, tidak ada satupun kelinci betina yang beranak kembali. Pemilihan monyet rhesus dan kelinci sebagai bahan percobaan karena sisi biologis kedua hewan tersebut hampir mirip dengan manusia.

    Untuk sekarang ini memang Vasagel belum dipasarkan secara umum karena Parsemus Foundation masih mencari sukarelawan pria yang mau diinjeksi dengan menggunakan alat kontrasepsi terbaru buatan mereka itu.