Pesawat TNI AU Gemparkan Langit Jakarta. Persiapan Perang?


    SURATKABAR.ID – Jet tempur F-16 milik TNI AU Angkatan Udara berulangkali melintasi langit Jakarta sejak Rabu (5/4/2017) pagi. Ternyata jet tempur ini tengah melaksanakan latihan. Tapi, untuk apa?

    Menurut Kepala Dinas Penerangan AU Marsma Jemi Trisonjaya, pesawat ini sengaja dilatih untuk menyambut HUT TNI AU pada 9 April 2017 nanti.

    “Saat ini sedang dilaksanakan geladi kotor persiapan HUT TNI AU ke-71,” ujar Jemi dilansir detik.com.

    Jemi menuturkan, pada perayaan HUT TNI AU yang akan digelar Minggu (9/4/2017) nanti akan ada acara parade, defile, serta demo di darat dan udara.

    Baca juga: Pemuda Ini Bawa Foto M***m Bersama Pengantin Wanita ke Resepsi. Hasilnya…

    Demo yang dilakukan berupa pembebasan sandera, operasi penerjunan perebutan pangkalan udara oleh Paskhas AU yang diikuti ribuan personel, serta pameran pesawat dari berbagai jenis.

    “Melibatkan 1.600 lebih personel dan 130 lebih pesawat udara dari berbagai jenis tempur, angkut, dan heli,” imbuhnya.

    Tak hanya serangkaian demo dan pameran pesawat, pada perayaan ini juga akan digelar simulasi pertempuran udara (dogfight), penyerangan udara dengan sead dan somposite strike, Jupiter Aerobatic Team, serta pertunjukan drumband dari taruna AAU.

    Nah, terkait perayaan HUT TNI AU ini, Jemi menyebut bahwa pihaknya akan terus melakukan latihan hingga Jumat (7/4/2017) besok.

    “Tanggal 7 akan geladi bersih. Nanti pada kegiatan HUT TNI AU pada Minggu (9/4) bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat di Lanud Halim Perdanakusuma dan nanti akan diarahkan oleh petugas di lapangan,” lanjut Jemi.

    Selain itu, untuk simulasi perang yang bakal melibatkan pertempuran udara, pesawat Sukhoi, F-16, dan Hawk 100/200 akan melintasi langit Bandung, Bogor, dan Jakarta selama latihan berlangsung.

    “Pesawat akan terbang dari Lanud Husein (Husein Sastranegara, Bandung), Atang Sendjaja Bogor, dan Lanud Halim,” urainya.

    Baca juga: Sidang ke-17, Pengacara Ahok Putar Video Habib Rizieq. Apa Isinya?

    Perayaan ini akan makin meriah karena juga digelar Bulan Dirgantara Indonesia. Tak cuma pertunjukan menakjubkan dari TNI AU, masyarakat juga akan disuguhi dengan Dirgantara Expo, Kejuaraan Sabuk Emas KASAU dan WBC Asia-pasific, Seminar Nasional Kedirgantaraan, serta kompetisi foto.

    Nggak sabar nunggu tanggal 9 April kan jadinya?!