Inilah Darah Purba Hasil Gigitan Serangga Zaman Dahulu


© sciencealert.com

SURATKABAR.IDPara arkeolog ternyata tidak hanya terobsesi dengan penelitian dan pencarian fosil-fosil spesies purba yang berukuran besar saja, namun mereka juga melakukan penelitian terhadap spesies berukuran kecil seperti serangga.

Contohnya saja seperti yang ditemukan para peneliti baru-baru ini. Mereka menemukan sebuah fosil sel darah merah tertua yang pernah ditemukan dan diperkirakan sudah ada sejak 45 hingga 15 juta tahun yang lalu. Fosil sel darah tersebut ditemukan saat peneliti menguji spesimen kuning dari proyek pertambangan di Republik Dominika.

Para peneliti berasumsi bahwa darah tersebut awalnya adalah hasil dari hisapan serangga parasit yang menggunakan gigi taringnya untuk meghisap darah mamalia besar. Dilihat dari ukuran sel darah merah (eritrosit) dan tempat penemuannya, fosil sel darah tersebut kemungkinan adalah sel darah hewan primata, seperti monyet. Namun banyak peneliti yang masih meragukan hepotesis tersebut. Hasil penemuan ini dapat mengungkapkan jenis bakteri atau virus yang menginfeksi spesies purba saat itu.

Sebelumnya, para peneliti juga menemukan fosil kutu parasit yang dinamai Babesia microti yang biasanya hidup di tubuh mamalia purba. Babesia microti dapat menginfeksi sel-sel darah manusia dan hewan lainnya sehingga menyebabkan penyakit Babesiosis. Hewan atau manusia yang telah terinfeksi akan beresiko mengalami kematian mendadak.

Selain itu, akhir-akhir ini para peneliti telah menemukan asal-usul malaria pada zaman dinosaurus sehingga mereka dapat mengidentifikasi klasifikasi serangga dari zaman purba.

“Aku berharap aku bisa mendapatkan beberapa DNA dari spesimen itu,” jelas George Poinar Jr, salah satu Ahli Entomologi, seperti yang dilansir dari ScienceAlert.com (4/4/2017).

Penemuan parasit tersebut kemungkinan dapat membantu menemukan kode genetik dari mamalia purba, sehingga para ilmuwan berharap dapat menjawab segala teka-teki teori evolusi kehidupan jutaan tahun yang lalu.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaHanya Tunggu Waktu, Android Bakal Jungkalkan Windows
Berita berikutnyaPrabowo: Saya Pimpin Rakyat untuk Turunkan Kalian