Ditemukan Sebuah Gua Besar yang Digali oleh Spesies Malas yang Hidup Sekitar 10 Ribu Tahun Lalu


© iflscience.com

SURATKABAR.ID – Baru-baru ini telah ditemukan sebuah terowongan besar yang terletak di Negara Bagian Rondania, Amerika Selatan. Diperkirakan, terowongan tersebut berusia antara 8.000 sampai 10.000 tahun.

Uniknya, dalam penemuan dan setelah diteliti lebih lanjut, para peneliti memperkirakan bahwa terowongan tersebut dibangun oleh Paleoburrows atau spesies yang dikenal sangat pemalas dan hidup di bawah tanah. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya bekas cakar-cakar yang tergores di sepanjang dinding terowongan.

Seperti yang dikutip dari ScienceAlert.com (1/4/2017), sebenarnya terowongan ini sudah pernah ditemukan pada tahun 1930-an, hanya saja saat itu para peneliti menganggap jika terowongan tersebut adalah buatan manusia. Dan pada tahun 2010 lalu, para ahli geologi dari Amilcar Adamy di Brazilian Geological Survey memutuskan untuk kembali menyelidiki kembali terowongan itu.

Menurut ahli Geologi, Andrew Jenner, mengatakan bahwa sebelumnya dia tidak pernah menemukan peninggalan bersejarah yang seperti itu. Dia juga mengatakan bahwa diperkirakan bahwa ukuran Palaeburrow yang menggali terowongan tersebut adalah jenis yang terbesar yang hidup di belantara Amazon. Bahkan ukurannya dua kali lebih besar dari pada Palaeburrow terbesar yang ada di Brasil.

Saat ini, lebih dari 1500 jenis Palaeburrow telah ditemukan. Palaeburrow yang paling kecil berukuran 1,5 meter dan yang paling besar berukuran 4 meter. Sedangkan jenis Palaburrows yang ditemukan di Amerika Selatan tersebut memiliki ukuran lebih besar dari yang terbesar sekarang ini atau sekitar 4,6 meter dengan bobot sekitar 2.590 kg.

Pada umumnya, Palaeburrow menghabiskan seluruh hidupnya di bawah tanah dengan terus menggali sebuah terowongan sebagai tempat berlindung dari iklim ekstrem atau sebagai jalur untuk melarikan diri dari para predator. Saat ini para peneliti terus melakukan penelitian untuk menjawab segala teka-teki tentang fauna yang hidup pada ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu itu.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDjarot: Jihad Itu Bukan B***h-Bunuhan
Berita berikutnyaProject Scorpio, Proyek Rahasia Microsoft dalam Dunia Game