5 Fitur Penting di Google Docs yang Jarang Diketahui Orang


© cloudfront.net

SURATKABAR.ID – Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir dan penyimpan data berbasis web yang disediakan gratis oleh Google. Produk satu ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 Oktober 2006 lalu dan menjadi satu layanan gabungan dari 2 produk sebelumnya, yaitu Writely dan Spreadsheets.

Kemampuan Google Docs dinilai sangat cocok untuk membantu para pekerja kantor yang membutuhkan koordinasi dengan cepat dan tepat. Namun dari sekian banyaknya fasilitas yang dimiliki Google Docs, ada beberapa fitur-fitur yang sangat berguna akan tetapi jarang diketahui. Berikut ini adalah fitur-fitur Google Docs yang jarang diketahui penggunanya, seperti yang dikutip dari CNET.com (23/6/2016).

  1. Clear Formating

Fitur ini berfungsi untuk menyamaratakan font dan ukuran yang berbeda. Caranya adalah klik kanan pada layar > Clear Formatting atau masuk ke menu Format > Clear formatting, kemudian klik Normal Text dari menu pull-down yang berada di bawah opsi Format and Tools.

  1. Menulis Dokumen dengan suara

Hal yang sangat istimewa dari Google Docs adalah fasilitas yang mempersilakan penggunanya menulis suatu dokumen dengan panduan suara atau dapat dikatakan tanpa mengetik sama sekali. Caranya klik Tools > Voice typing. Setelah muncul ikon bergambar mikrofon, klik ikon tersebut untuk memulai penulisan. Namun fitur ini hanya tersedia saat Anda menggunkan browser Chrome saja.

  1. Menambah Font Lain

Untuk mengoperasikan fasilitas ini, Anda hanya perlu menekan tombol Font pada menu > klik More Fonts. Setelah itu akan muncul ratusan font yang dapat Anda pilih sesuai kehendak hati. Jika Anda ingin membuat font yang berbeda Anda cukup memindai satu kata atau kalimat tertentu dan klik font yang Anda inginkan.

  1. Revision History

Jika Anda ingin mengembalikan perubahan dokumen Anda sebelumnya di Google Docs, Anda hanya perlu menekan tombol File > See revision history. Setelah itu akan muncul daftar kronologi perubahan dokumen Anda. Jika Anda sudah menemukan perubahan yang diinginkan, pilih salah satu dan klik Restore this revision.

  1. Membuat Pergantian otomatis

Untuk melakukan pergantian otomatis, Anda cukup membuka menu Tools kemudian Preferences. Di laman ini, Anda akan menemui daftar pergantian otomatis yang disediakan Google Docs. Kebanyakan dalam daftar tersebut adalah simbol dan tanda panah. Anda dapat menentukan pergantian otomatis yang akan Anda pakai. Namun untuk mengubah huruf kapital secara otomatis masih belum dapat dioperasikan untuk saat ini.

Itulah lima fitur milik Google Docs, yang jarang diketahui apalagi digunakan juga sangat membantu dalam pekerjaan Anda, Selamat mencoba!


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJadi Pendakwah Kontroversial, Begini Komentar Pengikut dan Penentang Zakir Naik
Berita berikutnyaZakir Naik: Pilih Pemimpin Non Muslim adalah Kesalahan