Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Habib Rizieq Masih Kerabat Dekat Pitung


SURATKABAR.ID – Markas Front Pembela Islam (FPI) yang berlokasi di Jatipetamburan, Jakarta Pusat, selalu dipadati anggotanya setiap acara syukuran Milad.

Di sepanjang Jalan Jatipetamburan III atau 300 meter dari biasaya digelar karpet untuk jamaah yang hadir. Sementara di sebagian ruas jalan Jatipetamburan Raya yang berlokasi di RS Pelni, hanya dilewati kendaraan satu jalur lantaran sudah dipadati massa yang mengenakan busana putih-putih.

Seperti acara pada tahun 2007, milad FPI ke 9 ini dimulai dengan Shalat Subuh berjamaah. Selanjutnya diteruskan dengan acara tahlil, dan ceramah maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung hingga pukul 09:30 pagi. Acara tersebut diakhiri dengan pawai keliling Jakarta.

Ketua FPI Habib Rizieq Shihab saat melepas pawai meminta seluruh jamaahnya yang melakukan pawai agar bisa tertib dan sopan. Jamaah yang hadir patuh dan tunduk dengan apa yang diminta oleh pemimpinnya.

Baca juga: HNW: Ahok Seolah-olah Diposisikan Sebagai Kepala Negara

Hal tersebut sama saat ayah Habib Rizieq yakni Husein Shihab. Di awal 1950-an, ayah Rizieq Shihab mengumpulkan pemuda Arab untuk mengabdi pada NKRI, dan dia dikenal sebagai hopman (pemimpin kepanduan dalam bahasa Belanda).

Seperti Rizieq ayahnya juga cekatan memberikan arahan pada para pemuda. Meski penampilan Rizieq dan ayahnya berbeda, keduanya memiliki kedekatan dengan ulama Betawi terkemuka. Habib Rizieq menyebutkan jika saat ayahnya meninggal di tahun 1966  dan saat itu ia baru berusia 11 bulan.

Husein Shihab pernah menyebutkan kepada anggota keluarganya untuk,

”Tanyakan kepada putra saya ini, kalau sudah besar mau menjadi ulama atau jagoan? Kalau mau jadi ulama, didik agamanya dengan baik. Kalau mau jadi jagoan, berikan dia golok.” paparnya sebelum meninggal, dikutip di republika.co.id

Baca juga: Kolombia Longsor, Anak-Anak ‘Dikerumuni’ Mayat. Cek Foto-Fotonya

Dahulu, kakek Habib Rizieq, Muhammad Shihab pernah memiliki ratusan delman dan memiliki istal kuda di depan RS Pelni. Delman yang bertrayek Tanah Abang ke Kebayoran Lama pernah diganggu oleh sejumlah preman yang mengaku anak buah si Pitung, jagoan Betawi yang dibenci Belanda.

Seperti yang dijelaskan Rizieq, kakeknya tersebut langsung menemui Pitung yang merasa tidak senang namanya dicatut. Rupa-rupanya pertemuan tersebut malah membuat tokoh di Betawi tersebut akrab dan akhirya Habib Muhammad dinikahkan dengan keponakan si Pitung dari Koebon Nanas, Kebayoran Lama. Dan dari pernikahan tersebut lahirlah Husein Shihab, yang merupakan ayahanda Rizieq Shihab.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKolombia Longsor, Anak-Anak ‘Dikerumuni’ Mayat. Cek Foto-Fotonya
Berita berikutnyaInnalillahi, Ayah Ganjar Pranowo Meninggal Dunia