Visionaris! Pemenang Kontes Google Doodle Berusia Belia Ini Mimpikan Dunia yang Damai


© nbcconnecticut.com

SURATKABAR.ID – Seorang siswa berusia 15 tahun bernama Sarah Harrison dari Connecticut berbagi visinya tentang masa depan dengan dunia menggunakan sedikit bantuan dari Google.

Sarah yang masih duduk di kelas 10 Bunnell High School ini memenangkan kompetisi tahunan Doodle 4 Google dengan gambarnya yang menunjukkan perdamaian dan keberagaman di antara orang-orang dari semua lapisan masyarakat.

Untuk menjadi pemenang dalam kontes tahunan ke sembilan tersebut, Sarah harus melawan ratusan ribu kontestan lain dengan berusaha menggambar tema Doodle, yaitu “Apa yang saya lihat untuk masa depan …”

“Aku ingin menggambar sesuatu yang aku harapkan akan menunjukkan bahwa kita semua bisa bergaul dengan baik dan bahwa hal itu mungkin bagi kita untuk menjadi bahagia satu sama lain,” ucap siswa 15 tahun tersebut kepada Google, seperti yang dikutip dari CNET.com (31/3/2017).

Dalam kontesnya kali ini, para peserta menggambarkan berbagai macam hal, seperti kemajuan dalam virtual reality, wanita dalam sains sampai dengan eksplorasi ruang angkasa. Juri untuk kontes doodle ini menjelaskan bahwa gambar milik Sarah merupakan yang terindah dan memiliki sebuah visi jelas yang menunjukkan masa depan sebagai “masyarakat yang harmonis.”

“Aku bermimpi masa depan di mana semua orang aman dan diterima di mana pun mereka pergi, siapa pun mereka,” kata Harrison.

Bersama dengan hasil karyanya yang ditampilkan pada hari Jumat kemarin di kantor utama Google bersama dengan ratusan gambar dari peserta lainnya, Sarah berhasil menyabet gelar pemenang dan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar USD 30.000, beasiswa untuk ke perguruan tinggi dan perjalanan ke Googleplex di Mountain View.

Ternyata tidak hanya dirinya seorang yang mendapatkan hadiah, Google juga menghadiahi sekolahnya berupa uang tunia sebesar sebesar USD 50.000 untuk digunakan membeli perangkat teknologi terkini sekaligus dan untuk mempromosikan program STEM. Empat finalis lainnya dari kelompok usia yang berbeda antara K-12 akan menerima beasiswa sebesar USD 5.000 dan perjalanan ke Googleplex.

Doodles adalah fitur yang biasa ditampilkan di halaman pencarian Google untuk memperingati suatu kejadian atau juga kelahiran seseorang penting di dunia. Sejak doodle pertama kali muncul pada tahun 1998, Google telah menggunakan berbagai karya seni sebagai temanya. Walaupun sebagaian besar ditujukan untuk hal-hal yang dianggap sepele, namun tidak jarang juga Google menggunakan doodle sebagai tanggapan akan suatu kejadian terkini, seperti salah satunya adalah kematian musisi Prince pada tahun kemarin.