Daedulus, Pakaian Ala Iron Man yang Mampu Bawa Penggunanya Terbang


© redbull.com

SURATKABAR.ID – Iron Man adalah tokoh superhero fiksi yang ada di film Hoolywood. Namun, bagaimanakah jika Iron Man benar-benar muncul dalam kehidupan nyata?

Hal tersebut ternyata bukan suatu hal yang mustahil karena beberapa waktu ini ada seorang pengusaha Inggris, Richard Browning, telah mengubah dirinya menjadi sosok seperti Iron Man di dunia nyata. Dia berkata bahwa exoskeleton custom miliknya dibuat dengan enam pasang mesin jet mikro.

Browning sendiri adalah pedagang minyak yang memiliki ketertarikan tentang dunia teknologi dan inovasi. Selain itu, dia juga adalah seorang atlet triatlon dan pelari ultramaraton yang mungkin sedikit terobsesi pada potensi pengembangan pikiran manusia dan tubuh.

Beberapa tahun yang lalu, Browning mulai melakukan analisis untuk menemukan cara-cara khusus yang dapat memungkinkan seseorang dapat terbang tanpa menggunakan pesawat. Tapi, setelah dia menemukan cara yang lebih ekfektif, yaitu belajar di beberapa laboratorium universitas terbaik di Inggris, akhirnya Browing memutuskan untuk melakukan penelitian dengan cara berbeda.

Bersama dengan ilmuwan-ilmuwan dari universitas tersebut, akhirnya Browning menciptakan sebuah perusahaan yang dinamakan Gravity. Perusahaannya tersebut dibuka pertama kali bersamaan dengan perilisan produk pertamanya yang disebut pakaian terbang Daedulus.

Browning mengklaim bahwa Daedulus mampu terbang dengan kecepatan tertentu hingga beberapa ratus mil per jam. Walaupun sukses menciptakan Daedulus, Browning masih belum mampu menemukan area uji terbang yang cukup besar untuk mengujicobakan penemuannya itu.

Pengembangan Daedulus tersebut dimulai pada tahun 2016 silam dengan menggunakan mesin turbin dan dia secara bertahap belajar bagaimana mengontrolnya secara tepat dengan pikiran dan otot-ototnya sendiri.

“Kami menggunakan sedikit teori fisika dan kami pikir, ya, ini bisa bekerja. Tidak ada buku aturan untuk ini, tidak ada manual. Ketika Wright bersaudara sedang belajar bagaimana untuk terbang, tidak ada pelajaran terbang, mereka hanya harus belajar,” jelas salah seorang ilmuwan, Jon Reece, seperti yang dikutip dari CNET.com (31/3/2017).

Dia juga menjelaskan bahwa proses belajar terbang adalah mirip dengan naik sepeda atau mengendarai excavator mini, yaitu dibutuhkan sedikit latihan dan secara perlahan-lahan akan menguasainya.

Terkait dengan penciptaan Daedulus ini, banyak pihak yang mendekati Browning demi mendapatkan peralatan tersebut. Browning sendiri belum memikirkan untuk menjualnya, namun jika dia harus menjualnya, maka diperkirakan harga pasarannya adalah sekitar USD 250 ribu.