Ingat Pramuka yang Makan di Tanah? Begini Respon Keras dari Mantan Menpora Ini


SURATKABAR.ID Jagat dunia maya sempat gempar. Pasalnya, beredar foto yang sangat tidak mendidik dan tidak pantas dari anggota pramuka yang dipaksa oleh seniornya makan di atas tanah.

Foto tersebut pertama kali diunggah di sebuah grup di Facebook, hingga akhirnya menjadi menyebar luas dan banyak dibagikan oleh para netizen.

Sontak, setelah melihat foto-foto anggota Pramuka tengah menyantap makanan berupa nasi dan lauk yang ditaruh begitu saja di atas tanah tanpa alas daun bahkan piring, netizen pun geram bukan kepalang. Tak sedikit dari netizen pun langsung me-mention Ahdyaksa Dault, yang notabene menjabat sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Terkait foto tersebut, Ahdyaksa Dault, pun langsung angkat suara. Lewat akun Instagramnya, Adhyaksa mencoba mengklarifikasi melalui dua foto perbandingan. Foto yang ‘benar’ adalah anggota Pramuka yang makan bersama dengan beralas daun pisang, lauk pauk yang sehat dan beragam serta disediakan air mineral.

Sementara foto yang viral tersebut diberi contoh sebagai sudut foto yang ‘salah’ dan tak pantas ditiru. Kedua foto perbandingan tersebut diberi klarifikasi dan sikap yang diambil oleh pengurus pusat Pramuka.

Baca juga:Viral! Foto Pramuka Makan Beralaskan Tanah, Netizen Geram Bukan Main

Berikut unggahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu dalam akun Instagram-nya, @adhyaksadault, Sabtu (25/03/2017).

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka.

Pagi ini (25/03/2017) di grup wa, saya menerima foto beberapa Pramuka makan bersama di suatu tempat, namun nasinya ditaruh di rumput tanpa alas. Saya cek, foto tersebut sudah menyebar di media sosial, dan mendapatkan kritik keras bahkan kecaman dari anggota Gerakan Pramuka.

Saya tegaskan ini bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka, saya sangat menyayangkan ini. Saya pastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka. Sebagai informasi, setiap harinya, ada ribuan kegiatan Gerakan Pramuka dilaksanakan di sekolah-sekolah dan alam terbuka di seluruh Indonesia, dan semua kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita.

Saya sudah berkoordinasi dengan Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd (Kepala Pusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka), Kak Prof. Dr. Ir. S Budi Prayitno, M.Sc (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda), Kak Dr. Susi Yuliati (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa), dll.

Saya minta agar Panitia kegiatan tersebut ditegur dan diberikan pembinaan. Kejadian ini harus dijadikan pelajaran berharga, dan tidak boleh terulang kembali. Kita akan selesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Paling lambat Senin, 27 Maret 2017, masalah ini sudah jelas duduk perkaranya dan selesai.

Sebagai penutup, saya serukan kepada Pramuka di manapun berada: Ada ribuan foto dan video kegiatan Pramuka di setiap telepon genggam dan laptop anak Pramuka, saya minta posting, upload semua foto dan video tersebut di medsos. Agar dunia tahu bahwa kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita. Jangan sampai karena satu foto makan tanpa alas Gerakan Pramuka tercoreng.
Terima kasih saya haturkan kepada Kakak-Kakak Pramuka dan masyarakat atas masukannya untuk kebaikan dan kemajuan Gerakan Pramuka. Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Salam Pramuka. Jakarta, 25 Maret 2017.

Hormat saya, Kak Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka)

#gerakanpramuka #setiappramukaadalahkantorberita #indonesia #pramuka