Ini Kekeliruan Fitnes yang Bikin Kamu Nampak Tua


SURATKABAR.ID – Sebagai manusia yang ingin menikmati hidup dengan maksimal, tentu kita semua ingin sehat. Meski begitu, ada banyak kebiasaan yang dilakukan orang-orang demi menjadi sehat tapi caranya salah. Alih-alih sehat, kekeliruan tersebut malah berujung pada membahayakan diri sendiri.

Saat ini kita ketahui, berolahraga, termasuk fitnes secara teratur akan membuat badan sehat, fit, dan mencegah datangnya sejumlah penyakit. Sementara itu, tidak berolahraga dapat menimbulkan berbagai masalah seperti obesitas, nyeri sendi, stres, gangguan pencernaam dan bahkan beberapa jenis kanker.

Sayangnya, ada sejumlah kesalahan dalam berolahraga, seperti fitnes yang justru membuat kamu makin terlihat tua! Mengapa bisa begitu? Dilansir dari Merdeka.com, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Terlalu Over

Terlalu over dalam melakukan aktivitas fitnes dan tidak memberikan waktu istirahat meski sehari saja. Hal ini jangan disepelekan, karena justru akan membuat hormon kortisol meningkat dalam tubuh.

Baca juga: Ini Sebabnya Candu Narkoba Beralih ke Candu Digital

Efeknya? Selain bikin stress, tentu saja menyebabkan penuaan dini. Jadi, jangan terlalu keras dan berlebihan dalam berlatih. Imbangi juga dengan istirahat, karena pada dasarnya tubuh juga perlu istirahat dan makan, sama pentingnya sebagaimana tubuh butuh diolah.

2. Salah Gerakan

Sering melakukan posisi atau gerakan yang salah saat berolahraga. Misalnya, saat mengangkat beban berat, kamu menggunakan sikap tubuh/ posisi yang salah. Hal ini bukan hanya akan menimbulkan nyeri, akibatnya tubuh juga jadi regang bahkan bisa melorot pada akhirnya. Inilah yang memicu terjadinya keriput. Kamu nggak mau, kan, keriput duluan.

3. Kurang Warm-Up dan Cardio

Banyak yang terobsesi pada pembentukan tubuh indah dan berotot, namun justru melewatkan latihan bebas dan cardio. Jangan diremehkan, lho, guys. Pasalnya, langsung ‘menghajar’ tubuh dan lebih banyak fokus pada latihan angkat berat juga dapat memperlambat tingkat metabolisme.

Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan sel penuaan datang lebih cepat. Tidak ingin seperti itu, bukan?

4. Cardio Doang

Akan tetapi, hanya melakukan latihan cardio seperti lari, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya serta tidak mengimbanginya dengan latihan angkat berat juga dapat membuat kulit kendor dan berujung pada wajah yang terlihat tua. Baiknya bagaimana? Seimbangkan porsinya.

5. Kurang Sit-Up

Tidak melakukan latihan yang dikhususkan pada perut juga akan berimbas. Alih-alih six pack, hal ini akan memicu perut membesar menjadi ‘one pack’ yang justru akan membuat kamu terlihat tua ketimbang usiamu yang sebenarnya. Waduh, jangan sampai deh

 

6. Lupa Cooling-Down

Rupanya bukan hanya warm-up atau pemanasan saja yang penting. Bagian pendinginan/ cool-down setelah badan diolah juga sama pentingnya. Meski hal ini tampak sepele, namun tidak melakukan pendinginan setelah selesai berolahraga atau fitnes akan membuat otot kamu ‘tak siap beristirahat’.

Jika gerakan-gerakan peregangan yang dinamis amat bagus untuk pemanasan, maka stretching dengan gerakan statis lebih cocok untuk proses pendinginan. Gerakan peregangan juga bisa mengurangi nyeri ototmu seusai berolahraga.

Apa akibatnya kalau kamu nggak mau repot-repot stretching? Jaringan sel-sel pada ototmu akan langsung mengalami penuaan dini.

Baca juga: Ternyata Rajin Olahraga Tak Selalu Menyehatkan

Nah, mengingat semangat dan ‘darah muda’ saja masih kurang riil, mulai sekarang kamu bisa lebih perhatikan dan pelihara lagi kesehatan tubuhmu agar tetap awet muda dan panjang umur sampai kakek-nenek nanti.

Berhenti konsumsi rokok dan alkohol, hindari stress serta lakukan perbaikan gizi juga menyumbang imbas besar, lho, pada kesehatan lahir batinmu. Stay young dan selamat menikmati gaya hidup sehat, ya!