Di Amerika Serikat, Pesan Makanan dapat Diantarkan oleh Robot


© foolcdn.com

SURATKABAR.ID – Bisnis pengiriman barang dan makanan semakin menjamur dan semakin banyak diminati di mana-mana. Di Indonesia sendiri, jasa ekspedisi seperti itu juga sudah menjamur, sampai-sampai jasa ojek online pun tak luput merambah bisnis satu ini.

Di California, Amerika Serikat, ada sebuah perusahaan jasa pengiriman bernama DoorDash yang menyediakan layanan pengiriman makanan dari restoran favorit ke perumahan atau ke perkantoran. DoorDash secara aktif membantu pemilik usaha kecil untuk mengirimkan makanan yang mereka tawarkan dengan harga yang terjangkau.

Seperti yang dilansir Cnet.com (24/3/2017), DoorDash yang telah berdiri sejak 2013 di Palo Alto, California. Sejak saat itu DoorDash terus mengembangkan pelayanannya, sehingga sekarang ini menjadi dikenal sebagai jasa pengiriman yang efisien, terjangkau dan nyaman.

Saat ini DoorDash tengah mengembangkan program otomatisasi, yaitu penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak memerlukan lagi pengawasan manusia karena sudah menggunakan robot.

Sekarang ini, ada sekitar selusin robot pengiriman di jalankan oleh DoorDash untuk menjalankan bisnisnya. Robot-robot itu dirancang untuk dapat berjalan di trotoar bersama para pejalan kaki. Setiap robot dilengkapi sembilan kamera dan sensor ultrasonik untuk mendeteksi apa yang di depan mereka.

Kamera ini juga dapat memindai lampu lalu lintas dan sinyal penyeberangan, sehingga mereka dapat sampai tujuan dengan aman. Robot tersebut juga dirancang agar dapat berjalan dengan kecepatan hingga 10 mph (16 km/jam), tapi demi keselamatan robot ini hanya akan berjalan 4 mph (6,4 km/jam) saja.

Saat ada pesanan dari pelanggan, robot tersebut akan menuju restoran dan pegawai restoran akan menempatkan makanan ke dalam tempat yang disediakan. Untuk mencegah pencurian makanan, kontainer makanan hanya bisa dibuka oleh pemesan makanan saja.

Saat ada seseorang yang mencoba mencuri atau memvalidasi robot, maka akan muncul pemberitahuan pada pihak DoorDash karena robot ini dilengkapi dengan kamera, GPS dan sistem pengamanan. Jadi para pelanggan akan tetap merasa aman dan nyaman dengan inovasi baru ini.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPasrah, Ahok: Kalau Tuhan Izinkan Tidak Jadi Pun…
Berita berikutnyaCryo-mill, Alat Pengubah Sampah Elektronik Menjadi Berukuran Lebih Kecil dari Rambut Manusia