Seorang Mahasiswa Peringatkan NASA Terkait Keberadaan Kesalahan Data Saat Lakukan Penelitian di ISS


© huffingtonpost.com

SURATKABAR.ID – Seorang mahasiswa dari Tapton School, di Shieffield, Inggris Miles SOloman (17), baru-baru ini menghubungi pihak NASA untuk memberitahukan bahwa ada kesalahan data yang terekam di International Space Station (ISS).

Soloman yang sekarang ikut dalam project TimPix yang mana mempersilakan seorang mahasiswa di Inggris untuk mengakses rekaman data dari detektor radiasi yang dimiliki oleh seorang austronot Inggris, Tim Peake, saat dia berada di ISS selama 6 bulan.

Dalam data rekaman rersebut, Peake ikut dalam program penelitian yang bertujuan untuk memahami efek dari radiasi luar angkasa terhadap manusia. Radiasi luar angkasa tersebut dipantau terus oleh para ilmuwan di ISS melalui detektor berbentuk mirip USB yang terhubung dengan komputer dan haslnya dapat langsung dikirimkan ke bumi.

Data-data yang telah dikirimkan ke bumi inilah yang diteliti lagi oleh Soloman bersama dengan beberapa rekannya untuk mengetahui sekaligus belajar menganalisis data pada informasi ilmiah di dunia nyata.

Seperti yang dikutip dari ScieneAlert.com (23/3/2017), ketika meneliti dan menganalisis data-data tersebut, Soloman dan rekan-rekannya menemukan suatu kejanggalan pada saat mengurutkan data berdasarkan tingkat energinya.

Kejanggalan yang ditemukan tersebut adalah terjadinya kesalahan algoritma yang dikonversikan ke data raw dan ketika sudah melalui proses konversi, justru memunculkan hasil yang berbeda.

Setelah menemukan kejanggalan tersebut, Soloman langsung mengirimkan email ke NASA dan menjelaskan bahwa ada kesalahan data. Sesaat setelah NASA memeriksa apa yang ditunjukkan Soloman, mereka menyadari hal tersebut dan mengakuinya sekaligus berterima kasih atas ditemukannya kejanggalan itu.

Dikarenakan hal ini, maka ada kemungkinan ke depannya NASA atau badan penelitian lain akan mengikutsertakan para mahasiswa untuk ikut melakukan penelitian berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaGoogle (Masih Berusaha) Perbaiki Masalah Besar pada Keamanan Android
Berita berikutnyaTerbongkar! Ini Dia Nama Pemain Utama di ‘Bancakan’ e-KTP