Google (Masih Berusaha) Perbaiki Masalah Besar pada Keamanan Android


© firstpost.com

SURATKABAR.ID – Sebagai perusahaan raksasa, Google tentunya sering memberikan update terbaru demi membuat pengguna produknya merasa nyaman, misalnya  saja terhadap platform Android.

Dengan banyaknya persaingan yang ketat di era internet ini, membuat Google mau tidak mau harus terus berinovasi. Sayangnya, di tengah gencarnya permitnaan inovasi baru itu, Google tetap dihadapkan pada kendala klasik, yaitu permasalahan keamanan pada sistem opearting system Android.

Tentu saja, hal itu menjadi sebuah pekerjaan rumah yang besar bagi Google. Walaupun begitu, setidaknya perusahaan raksasa satu ini sudah terlihat kerap kali melakukan perbaikan-perbaikan yang signifikan. Hal itu seperti review yang dilakukan Google tahun kemarin. Rencananya, Google akan terus membuat sistem operasi untuk smartphone ini dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Para pengguna Android memang selama ini telah dimanjakan dengan hal-hal menarik oleh Google, akan tetapi hal tersebut belum dirasa cukup mengingat masih banyaknya kelemahan pada platform besutan Google itu. Bahkan hal tersebut juga dikarenakan para produsen ponsel yang begitu lambat dalam memperbarui perangkat lunak serta keamanannya.

Karena itu, Google mencoba mengatasi hal ini selama bertahun-tahun. Bahkan perusahaan raksasa ini pernah merasa malu karena dituding lambat dalam menangani masalah keamanan sistem operasi buatannya itu.

Adrian Ludwig, salah seorang dari tim keamanan Android Google mengatakan bahwa pada akhir tahun lalu, sekitar 78 persen perangkat yang berada di wilayah Amerika Utara sudah diupdate dengan keamanan yang tinggi. Meskipun begitu, ada beberapa juga yang masih belum terupdate.

“Sekitar setengah dari perangkat yang digunakan pada akhir 2016 belum menerima pembaruan keamanan platform pada tahun sebelumnya,” Ludwig menulis dalam sebuah posting di blog, seperti yang dikutip dari Mashable.com (23/3/2017).

Namun, ada fakta yang mengejutkan di mana setengah dari semua perangkat mobile berbasis Android yang beredar sekarang ini justru tidak mendapatkan pembaruan keamanan. Berdasarkan fakta tersebut, Ludwig mengatakan bahwa Google juga menyadarinya dan sekarang sedang dalam proses mengerjakan perbaikan baru supaya lebih mudah bagi produsen dan konsumen untuk mendapatkan update terbaru dari produk operating system besutan mereka itu.

“Kami sedang bekerja untuk meningkatkan pembaruan keamanan perangkat dengan merampingkan program update keamanan kami, supaya lebih memudahkan bagi produsen untuk melakukan update,” jelasnya.