Alasan Ilmiah Kenapa Tidak Dapat Menghilangkan Minyak Hanya dengan Air Saja


© engineersaustralia.org.au

SURATKABAR.IDPada umumnya noda yang paling membandel pada sebuah wadah adalah minyak dan untuk membersihkannya dibutuhkan tidak hanya dengan air saja, melainkan dengan sabun atau deterjen.

Ternyata penggunaan sabun untuk meluruhkan lemak membandel di sebuah wadah ini sudah dilakukan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Contohnya saja, pada zaman Romawi kuno dulu, masyarakatnya telah menemukan cara agar dapat melarutkan minyak yaitu dengan menggunakan metode pembuatan sabun yang disebut sebagai proses saponifikasi.

Proses saponifikasi ini adalah suatu metode mencampurkan asam lemak yang berasal dari minyak nabati atau lemak hewani dengan zat garam alkali, seperti abu pada suhu 80-100oC. Sayangnya, metode tersebut justru membuat wadah yang mereka memiliki menjadi bau.

Dikarenakan hal itulah, maka dalam perkembangannya, metode saponifikasi tersebut ditambahkan dengan aroma wewangian agar tidak meninggalkan bau tak sedap pada wadah.

Seperti yang dilansir oleh WashintonPost.com (20//3/2017), di era sekarang ini, pembuatan sabun dengan abu sudah tidak lazim lagi digunakan. Para produsen pembuat sabun sekarang lebih memilih menggunakan zat kimia lain, seperti Kalium Hidroksida, Natrum Hidroksida dan sebagainya untuk campuran dalam pembuatan sabunnya.

Lalu bagaimana cara kerja sabun yang dapat melunturkan lemak tersebut?

Minyak adalah senyawa non-polar yang tidak memiliki kutub positif (+) dan negatif (-) sehingga hanya dapat ditarik oleh senyawa yang sejenis. Diarenakan air bermuatan positif maka tidak dapat menarik atau melarutkan minyak, sedangkan sabun yang terbuat dari zat alkali dan asam lemak menghasilkan sifat basa dan memiliki gugus senyawa polar dan non polar, justru dapat mengikat air sekaligus mengangkat minyak yang berasal dari lemak atau sejenisnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumya15 Tahun Pemuda Ini Kumpulkan Ponsel-ponsel Tua dari Segala Merk dan Model
Berita berikutnyaBikin Ngakak! Saksi Ahok Ngaku Sudah Di-briefing Sebelum Sidang