Kamu Mahasiswa? Hati-Hati Kamu Terkena Hepatitis. Baca Ini!


Kemenkes-358-Orang-Terserang-Virus-Hepatitis-A

Kesibukan kerap membuat mahasiswa jajan sembarangan tanpa memperhatikan kebersihan makanan dan memperhatikan kesehatannya. Akibatnya, mereka rentan terserang penyakit, seperti hepatitis A.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di Institut Pertanian Bogor (IPB), puluhan mahasiswa terserang penyakit hepatitis A. Diduga, faktor kebersihan yang menjadi penyebabnya.

Guna mencegah penularan penyakit hepatitis A, Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit & Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr Kusnadi mengimbau para mahasiswa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

“Cuci tangannya pakai sabun supaya kumannya mati,” ujar Kusnadi ditemui di IPB, baru-baru ini.

Selain itu, dia mengingatkan kepada mahasiswa untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang matang. Kendati demikian, terkadang makanan sudah bebas kuman, tetapi alat makan tidak bersih.

“Kalau makan bakso itu kan panas. Kuman sudah mati di suhu 85 derajat celcius. Tapi masalahnya mangkuknya suka tidak bersih. Dicucinya hanya dicelupkan dalam ember lalu dilap dengan kain yang sudah kotor,” terangnya.

Untuk itulah, ucap Kusnadi, alat makan, seperti sendok, mangkuk, dan piring juga harus higienis karena penularan penyakit hepatitis A bisa melalui oral antarorang. Selain itu, dia juga punya trik tersendiri untuk mengidentifikasi rumah makan bersih atau tidak.

“Coba kalau setiap mau makan numpang ke kamar mandi dulu. Bukan untuk buang air, tapi mengecek dapur rumah makan itu. Dari situ kita tahu rumah makan jorok atau tidak. Kalau terlihat kotor, saya pribadi tak jadi makan di situ,” ucapnya.

Sedangkan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Didik mengimbuhkan, yang akan dilakukan untuk mengatasi penyebaran virus hepatitis A di IPB adalah mencanangkan pola hidup bersih dan sehat, kaporisasi pada air sumur, serta memakai disinfektan pada kantin dan asrama.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSukarno dikenang di Beberapa Negara. Cek Ini!
Berita berikutnyaMengganti Peluru dengan Rokok, Kopassus Menang Perang. Cek Kisahnya