Perusahaan E-Commerce Raksasa Asia, Alibaba, Tertarik Kembangkan Teknologi AR untuk Mobil


    © techinasia.com

    SURATKABAR.ID – Teknologi mobil tanpa pengemudi atau sopir, memang bukan hal baru lagi karena selain Google yang memperkenalkannya terlebih dahulu, ada beberapa perusahaan lain yang juga mengembangkan teknologi sejenis.

    Di era maju seperti sekarang ini, nampaknya kendaraan tanpa sopir ini akan menjadi satu portal untuk menuju dunia e-commerce dan hiburan. Salah satu perusahaan besar di dunia e-commerce, Alibaba, ternyata juga tertarik untuk menggeluti bidang ini, dengan memulai menggunakan sistem Apple CarPlay-esque.

    Setelah Apple CarPlay-esque, Alibaba kembali mengucurkan dana sebesar USD 18 juta untuk menyokong sebuah startup yang berbasis di Swiss, WayRay. Startup ini spesialis dalam pengembangan dan pembuatan teknologi augmented reality khusus untuk mobil, seperti sistem navigasi AR yang dapat menampilkan arah pada kaca depan kendaraan.

    “Setiap mobil memiliki kaca yang mana permukaannya dapat digunakan untuk menampilkan arah berbasis AR dan kita akan mencoba untuk mengaplikasikannya ke seluruh permukaan,” ujar Vitaly Ponomarev, pendiri dan CEO dari WayRay, seperti yang dikutip dari TechInAsia.com (14/3/2017).

    Ponomarev juga menceritakan bahwa ketika dia memulai membangun startupnya, dia ingin menciptakan tidak hanya sebuah perusahaan hardware saja, melainkan perusahaan media yang dapat menyediakan konten untuk para pengemudi dan penumpangnya.

    Didirikan pada tahun 2012 lalu, WayRay telah menghabiskan sekitar 4 tahun lamanya untuk mengembangkan teknologi layar hologram berbasis AR yang mana sudah dipatenkannya. Teknologi tersebut akan menggunakan layar khusus yang tidak secara langsung tampil di kaca kendaraan. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga konsentrasi pengemudi tetap fokus ke jalan yang dia lalui.

    Untuk mengembangkan teknologi tersbeut, WayRay sekarang bekerja sama dengan Banma Technologies, sebuah perusahaan joint venturenya Alibaba dan SAIC (salah satu perusahaan otomotif terbesar di Cina).