Starbucks Tetapkan India Sebagai Negara Pertama di Dunia yang Cicipi Teknologi Mobile Mereka


    © pinterest.com

    SURATKABAR.ID – Mulai saat ini pelanggan Starbucks di India sudah dapat membayar kopi mereka dan mendapatkan ‘bintang’ melalui akun My Starbucks Rewards (program loyalitas) serta menukarkan penawaran dari Starbucks dan menggunakan fitur “Store Locator” via smartphone mereka. Dengan inovasi ini, perusahaan asal Seattle tersebut menjadi retail besarpertama yang menyediakan pembayaran secara mobile di India.

    Bagi pelanggan yang sudah memiliki kartu Starbucks dapat menggunakan fitur “Scan to Pay” untuk memindai barcode dan cukup menggoyangkan ponsel saja untuk mengaktifkan layar pembayaran menggunakan fitur “Shake to Pay.”

    Seperti yang dilansir oleh Mashable.com (17/03/2017), Forbes melaporkan bahwa program My Starbucks Reward sudah memiliki 13 juta anggota aktif di seluruh dunia dan naik sebesar 16 persen di tahun 2016 lalu. Dan sejak tahun 2014, Starbucks sudah memiliki sekitar 250.000 anggota di India.

    Sumitro Ghosh selaku CEO Tata Starbucks mengatakan, “Kami ingin pelanggan mendapatkan reward dan manfaat dari program ini. Dan kami berharap pertumbuhan ekspontensial alami terjadi karena kemudahan yang ditawarkannya.”

    CEO Sturbucks Howard Schultz juga telah mengatakan hal tersebut saat digelarnya konferensi pada bulan Januari 2016 lalu. Dia mengatakan bahwa pertumbuhan presentase dasar di India lebih cepat dibandingkan dengan daerah lain di dunia.

    Dengan mengambil dasar itulah, maka pihak Starbucks memutuskan untuk menetapkan India sebagau negara yang pertama kali menikmati program My Starbucks Reward ini. Di kemudian hari, nantinya program ini akan dijalankan ke banyak negara di dunia, sehingga pihak Starbucks dapat mengetahui apakah programnya ini berjalan dengan sukses atau tidak.

    Sebagai bentuk imbalan karena pertumbuhan Starbucks yang baik di India, maka pada bulan Juni 2016 lalu, perusahaan kopi frenchaise satu ini mengumumkan bahwa akan menjual kopi premium original India di Reserve Roastery dan Testing Room di Seattle, Amerika Serikat serta memperkenalkan biji kopi asli yang berasal dari Coorg, India tersebut.