Satu Pesawat Luar Angkasa Amerika Serikat ‘Hilang’ Karena Belum Juga Diketahui Keberadaannya Saat Ini


© space.com

SURATKABAR.ID – Pesawat luar angkasa Amerika Serikat Air Force X-37B berdasarkan fungsinya hanya melakukan misi rahasia sampai saat ini. Setelah diluncurkan pada 20 Mei 2015, pesawat luar angkasa X-37B hingga saat ini ternyata belum diketahui keberadaannya, padahal pesawat tersebut diperkirakan mendarat pada tanggal 25 Maret 2017 nanti setelah menghabiskan perjalanan luar angkasa selama 674 hari.

Bahkan sampai sekarang ini, Angkatan Udara Amerika Serikat belum berkenan memberikan penjelasan terkait kapan Air Force X-37B bajal mendarat dan rencana pendaratannya yang sebenarnya.

Seperti yang dilansir oleh Space.com (17/07/2017), Kapten AnnMarie Annicelli selaku juru bicara Angkatan Udara Amerika Serikat mengatakan bahwa tanggal pendaratan sudah ditentukan dan bakal terbukti setelah pesawat tersebut menyelesaikan program demonstrasi dan menyelesaikan misinya.

X-37B yang juga disebut sebagai Kendaraan Pengujian Orbit (OTV) adalah pesawat yang memiliki panjang 29 kaki (8,8 meter) dan tinggi 9,6 kaki (2,9 m), dengan lebar sayap sekitar 15 kaki (4,6 m) dan mampu menampung dua kendaraan di dalamnya.

Angkatan Udara Amerika Serikat diketahui memiliki dua buah pesawat jenis X-37B yang keduanya dibuat oleh Boeing dan telah melakukan empat misi sampai sekarang ini. OTV-1 diluncurkan pada 22 April 2010 dan mendarat pada 3 Desember 2010 lalu dengan perhitungan bahwa telah melakukan misi selama 224 hari luar angkasa.

Sedangkan OTV-2 diluncurkan pada 5 Maret 2011 dan mendarat pada 16 Juni 2012, setelah 468 hari berada di luar angkasa. OTV-3 diluncurkan pada 11 Desember 2012 dan mendarat pada 17 Oktober 2014 , setelah mengelilingi bumi selama 674 hari. Misi saat ini adalah OTV-4 yang lepas landas pada 20 Mei 2015, OTV-4 diluncurkan angkatan AS menggunakann roket United Launch Alliance Atlas V.

Keempat penerbangan X-37B diluncurkan dari Canaveral Air Force Station Cape, Florida yang mana ketiga pesawat sebelumnya mendarat di Vandenberg Air Force Bace, California. Banyak rumor yang mengatakan bahwa OTV-4 akan mendarat di KSC (Kennedy Space Center) yang bersebelahan dengan Cape Canaveral, tapi Kapten Annicelli menolak untuk mengkonfirmasi rumor tersebut.

Karena kerahasiaan seputar X-37B, banyak orang yang berspekulasi bahwa pesawat tersebut adalah senjata luar angkasa milik negara Adidaya tersebut. Akan tetapi Angkatan Udara Amerika Serikat selalu membantah berita tersebut dan mengatakan bahwa pesawat luar angkasa yang dimaksud bertujuan untuk menguji teknologi dan membantu peneliti melakukan percobaan di luar angkasa.