Lacama, Motor Listrik yang Desainnya dapat Diubah-ubah Sendiri Sekehendak Hati


© newatlas.com

SURATKABAR.ID – Mungkin selama ini kita hanya mendengar tentang mobil listrik saja, namun ternyata baru-baru ini telah dikebangkan sebuah sepeda motor listrik dengan desain cantik dan mampu melesat dengan cepat di jalanan.

Motor yang dikembangkan oleh sebuah startup dari Italia bernama Volt ini meluncurkan satu produk besutan mereka yang dinamakan Lacama. Sepada motor listrik tersebut memiliki desain hi-end yang uniknya dapat dikustom sekehendak pemiliknya, seperti menjadikannya roadster, scrambler, café racer sampai dengan apapun yang diinginkan.

Volt sendiri bukan sebuah startup yang tergolong lama karena baru saja didirikan pada tahun lalu di Milan, Italia, oleh 3 orang yang sama-sama menyukai dunia motor. Dua di antara mereka, Nicola Colombo dan Valerio Fumagalli, pernah mendapatkan penghargaan Guinness World Record saat mencoba melakukan travelling terlama menggunakan motor listrik.

Setelah keduanya bergabung, datang lagi satu orang yang bertugas sebagai perancang desain, yaitu Adriano Stellino yang diketahui pernah bekerja sebagai desainer Lamborghini dan Bertone. Setelah dirasa memiliki kesamaan visi, misi dan terutama kesukaan, maka ketiganya mendirikan Volt.

Kembali ke Lacama, sepeda motor listrik tersebut memiliki rangka dan swing arm yang terbuat dari aluminium. Seperti yang dikutip dari NewAtlas.com (18/3/2017), keduanya dibuat secara manual dengan menggunakan mesin cetak 3D di sebuah rumah.

Tenaga yang digunakan berasal dari baterai Lithium Ion dengan kapasitas 15 kWh yang dapat menghasilkan energi listrik sebesar 94 hp atau 70 kW. Baterainya tersebut tersimpan rapid an aman di bagian belakang, di dekat roda dan sabuk rantainya. Untuk mengisi baterainya sampai penuh, pengguna Lacama hanya membutuhkan waktu selama 3 jam saja.

Dengan energi sebesar itu, Lacama diklaim mampu melaju dengan kecepatan 180 km/jam. Bahkan ketika diujicobakan dengan memacunya dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4,6 detik saja. Bobot dari motor listrik ini sebesar 250 kg yang cukup kokoh digunakan untuk melaju secara nyaman.

Dikarenakan masih berstatus prototype, tentu saja baru ada 1 saja Lacama sejauh ini yang diproduksi Volt. Walaupun masih dalam proses pengembangan lebih lanjut, namun pihak Volt mengatakan bahwa nantinya estimasi harga jual Lacama adalah sebesar kurang lebih EURO 35,000 atau sekitar USD 37,600.