Anies: Saya Heran Kenapa Pak Ahok Kekeuh‎ Betul untuk Reklamasi


SURATKABAR.ID – Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengkritik keras sikap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang ngotot untuk meneruskan proyek reklamasi yang telah batalkan izinnya oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Saya ingin tahu, Pak Ahok terima atau tidak keputusan PTUN, saya heran kenapa Pak Ahok kekeuh‎ betul untuk reklamasi, kekeuh melanggar aturan,” ujar Anies di Jakarta Utara, Sabtu (18/9/2017), dikutip dari tribunnews.com.

Sikap Ahok tersebut membuat calon gubernur yang berpasangan dengan sandiaga Uno tersebut mempertanyakan keberpihakan Ahok terhadap rakyat kecil. Pasalnya, program Anies perihal pengadaan perumahan DP nol rupiah untuk rakyat kecil malah ditiadakan.

“Hunian rakyat bawah malah dibuat aturan untuk ditiadakan, sebenarnya memihak kepada siapa, era gubernur yang tidak memihak rakyat kecil harus ditiadakan,” tutur Anies.

Baca Juga: Mengejutkan! Ini Perkembangan Terbaru Kasus Fitnah yang Menyeret Sandiaga Uno

Mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut lantas menyatakan jika dirinya adalah gubernur DKI Jakarta saat ini, maka tidak akan mengajukan banding atas putusan PTUN tersebut. Karena reklamasi dinyatakan melanggar tata kelola dan tidak berpihak kepada rakyat kecil.

Sementara itu, Ahok yang dimintai keterangan perihal kekalahan tersebut menyatakan jika ada kemungkinan banding atas keputusan PTUN itu.

“Kamu tanya Plt, biasanya (soal reklamasi) pasti banding,” ujar Ahok di Jalan Talang, Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2017), dikutip dari kompas.com

Sebelumnya dikabarkan jika Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta membatalkan izin reklamasi Pulau F, Pulau I, dan Pulau K yang pernah diberikan pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan keputusan itu, pengadilan mewajibkan untuk melakukan pencabutan surat keputusan gubernur atas izin reklamasi sekaligus penghentian aktivitas pihak pengembang di ketiga pulau.

“Menyatakan batal keputusan gubernur provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta no 2485 tahun 2015, tentang Pemberian Izin pelaksanaan reklamasi Pulau K kepada PT Pembangunan Jaya Ancol, tbk.” bunyi putusan majelis hakim dalam sidang pertama yang berlangsung pada Kamis (16/3/2017), dikutip dari bbc.com.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan memberikan selamat kepada para nelayan dan aktivis yang memperjuangkan kasus ini hingga menang di PTUN.

“Selamat dan terima kasih kepada nelayan dan para pendamping yang telah memperjuangkan dan memenangkan kepentingan umum. Ini adalah kemenangan seluruh penduduk Jakarta karena yang diselamatkan adalah lingkungan milik bersama,” ungkap Daniel kepada detikcom, Sabtu (18/3/2017), dikutip dari detik.com


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaNaas! Beginilah Kondisi Polwan yang Ditabrak Angkot Saat Atur Lalu Lintas
Berita berikutnyaHanya Diijinkan Pakai Celana Pendek Saat Sholat, ACTA Lapor ke Komnas HAM