Waspada! 4 Aplikasi Populer Ini Kuras Kuota Internet Secara Diam-diam


© venturebeat.com

SURATKABAR.ID – Di zaman seperti sekarang ini, tentunya banyak pengguna smartphone yang habis ribuan Rupiah untuk membeli paket data agar dapat berselancar di dunia maya. Sayangnya, ternyata ada beberapa aplikasi yang justru secara diam-diam menggerogoti paketan data tersebut.

Ingin tahu apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Yuk, simak daftar dari  aplikasi-aplikasi itu seperti yang dikutip dari Cnet.com (16/3/2017).

  1. Facebook

Facebook adalah jejaring sosial yang memiliki aplikasi sendiri agar penggunanya tidak menggunakan browser dalam pengaksesannya. Sayangnya, justru aplikasi dari sosial media satu ini kerap menguras paketan data penggunanya tanpa disadari dengan memutar video auto-play.

Untuk menonaktifkan auto-play video di Facebook, Anda hanya perlu menekan tombol 3 garis yang terdapat di sudut kanan bawah, kemudian pilih Setting, Account Setting, Videos and Photos, Autoplay, lalu pilih On Wi-Fi Connections Only atau Never Autoplay Videos.

2. Twitter

Seperti halnya Facebook, Twitter juga memiliki fitur auto-play video yang mana dapat menguras kuota internet. Cara menonaktifkannya pun hampir sama dengan Facebook, yaitu pilih tombol Me, pilih icon gear di sebelah atas dari profile, kemudian pilih Setting.

Setelah itu pilih Data usage, video autoplay atau high-quality video, kemudian Anda dapat meneruskan dengan memiliki antara Wi-fi only atau Never.

3. Instagram

Instagram merupakan produk milik Facebook yang juga sama sangat rakus terhadap quota data. Tidak seperti di Facebook dan Twitter, di Instagram cara untuk menonaktifkan autoplay video-nya berbeda, karena pengaturannya agak disembunyikan.

Tapi tenang, Anda tetap dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan cara membuka menu pengaturan terlebih dahulu. Kemudian pilih data seluler yang digunakan dan aktifkan toggle switch. Hal ini akan menghentikan pre loading video saat sedang online.

4. YouTube

Tentu saja, karena berbasis video, maka ada banyak iklan-iklan yang diatur dengan settingan auto-play di YouTube dapat aktif secara otomatis. Walaupun menurut pihak YouTube atau pengiklan, hal tersebut merupakan sesuatu yang penting karena ada sisi bisnisnya, namun bagi penggunanya justru merugikan karena justru fitur auto-play itu menguras kuota.

Selain itu, di aplikasi YouTube yang menjadi salah satu sumber utama tersedotnya paketan data internet adalah pemutaran video HD otomatis. Namun, dari semua itu, Anda dapat mengatasinya dengan cara membuka menu pengaturan lalu aktifkan toggle switch untuk Wi-Fi only play HD video. Jadi ketika membuka aplikasi untuk melihat video, tidal akan secara otomatis memutar video HD dan hanya jika ada koneksi Wi-Fi saja baru bisa memutar video tersebut.