Ternyata Pesawat Jet Pengaruhi Iklim Bumi. Kok Bisa?


SURATKABAR.ID – Pernahkah kamu meilhat sebuah pesawat jet di langit? Jika mau mengingat, tentu akan ada jejak putih membekas ketika pesawat jet melintas.

Namun, tahukah kamu apa sebenarnya jejak putih dengan bentuk unik tersebut?

Jejak putih ini ternyata berupa gas dan partikel jelaga yang dikeluarkan oleh pesawat jet ketika mengudara. Biasanya jejak ini disebut dengan awan cirrus.

Sayangnya, jejak indah yang kerap membuat kita terkagum semasa kecil memiliki dampak buruk terhadap perubahan iklim di Bumi. Jelaga yang dihasilkan oleh pesawat jet ini memberi efek pemanasan pada Bumi.

Sebab, awan cirrus terbentuk karena adanya karbon dioksida yang dikeluarkan oleh pesawat jet ketika tengah di terbangkan. Nah, gas inilah yang kemudian menyebabkan perubahan iklim sedikit demi sedikit.

Untuk itu, tim peneliti yang diketuai oleh Dr Richard Moore melakukan sebuah penelitian dan diterbitkan dalam jurnal Nature.

Mereka menjajal menerbangkan DC-8 dengan dua bahan bakar yang berbeda. Mereka telah menyiapkan bahan bakar berupa Jet A, serta campuran 50:50 antara Jet A dan bahan bakar dari biji tanaman Camelina.

Selanjutnya, mereka mengamati apa yang sebenarnya terjadi di ketinggian 9.000-11.000 meter dimana suhu udara dan tekanan jauh lebih rendah.

Peneliti dari Nasa Langley Research ini pun menemukan bahwa bahan bakar uang dicampur memproduksi jelaga 50 persen lebih sedikit berdasarkan angka dan hingga 70 persen lebih sedikit berdasarkan massanya.

Dengan hasil mengejutkan ini, tim kemudian menyimpulkan bahwa produksi jelaga dapat dikurangi dengan mengurangi jumlah kristal es.

Penelitian ini juga memberikan kabar baik bahwa polusi lingkungan akibat penerbangan pesawat jet bisa dikurangi sejak dini.

Namun, Dr Moore mengingatkan bahwa infrastruktur dan teknik akan menjadi masalah untuk melakukan pendekatan gemilang ini. Sebab, bahan bakar dari biji tanaman Camelina memiliki konsentrasi berbeda dengan bahan bakar dari minyak bumi.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSoshee, Robot Sosial Media Berbentuk Anjing Unyu
Berita berikutnyaSebuah Rudal Tembak Jatuh Drone Kecil, Pantaskah?