Sebuah Rudal Tembak Jatuh Drone Kecil, Pantaskah?


SURATKABAR.ID – Rudal merupakan salah satu senjata militer yang digunakan untuk menembak pesawat tanpa awak ataupun rudal lain yang dikirimkan oleh pihak lawan.

Harganya tentu tak murah, mencapai Rp 40 miliar. Untuk menggunakannya pun butuh kehati-hatian agar tak salah sasaran sehingga bisa memicu perang.

Namun, militer AS belum lama ini menghambur-hamburkan uang yang tak sedikit hanya untuk menembak jatuh sebuah drone kecil yang masuk ke wilayah mereka.

Drone kecil ini sebenarnya dapat difungsikan untuk menembus pertahanan udara dan memata-matai wilayah musuh.

Namun, rudal  yang biasanya digunakan untuk menjatuhkan pesawat musuh ataupun rudal balistik, malah digunakan untuk menembak sebuah drone kecil yang disebut dengan quadcopter.

Baru-baru ini dilaporkan bbc.com, beberapa kelompok di Irak telah memanfaatkan senjata berukuran kecil untuk mengelabui pasukan keamanan. Nah, drone merupakan salah satu senjata yang mereka manfaatkan.

Meski rudal tersebut berhasil menghancurkan drone dan mencegah adanya mata-mata, jenderal militer AS, Gen Perkins mengatakan bahwa cara ini tidak ekonomis.

Menurutnya, jika ia menjadi bagian dari kelompok musuh, ia akan membeli sebanyak mungkin quadcopter drone dengan harga sekitar Rp 3 jutaan.

Harga tersebut tentu tak sebanding dengan sebuah rudal yang harganya mencapai Rp 40 miliar.

Sementara itu, peneliti di Royal United Services Institut, Justin Bronk, menilai bahwa hal ini merupakan tantangan militer untuk menggunakan teknologi sebagai senjata mereka.

Militer harus berani menggunakan senjata handal yang bisa beradaptasi dengan senjata musuh yang harganya murah dan mudah didapatkan.

Pertarungan antara sebuah drone dengan rudal tentu tak sebanding, dari segi harga maupun teknologi.

Sebuah rudal memiliki kemampuan perjalanan hingga lima kali kecepatan suara. Sedangkan pesawat tanpa awak ataupun drone memiliki kecepatan maksimal 80 kilometer per jam. Jadi, bukanlah hal yang sulit bagi sebuah rudal untuk menghancurkan drone kecil milik musuh.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTernyata Pesawat Jet Pengaruhi Iklim Bumi. Kok Bisa?
Berita berikutnyaMengejutkan! Ini Perkembangan Terbaru Kasus Fitnah yang Menyeret Sandiaga Uno