KPAI Selidiki Dugaan Ayu Ting Ting Palsukan Identitas Ayah Kandung Anaknya


    SURATKABAR.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan pihaknya siap membantu proses mediasi antara Henry Baskoro Hendarso (Enji) dengan Ayu Ting Ting. Terkait masalah anak mereka, selama ini dikabarkan Ayu Ting Ting mempersulit Enji untuk menemui Bilqis Khumairah Razak, anak mereka.

    Selain itu, Ayu Ting Ting juga dikabarkan memalsukan identitas ayah asli Bilqis dalam proses administrasi kependudukan. Guna memastikannya, KPAI mengklaim akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu.

    Dilansir dari Tabloid Bintang, Rabu (15/3/2017), KPAI menilai bahwa apapun masalah yang terjadi antara orang tua, tidak boleh mencederai hak-hak anak. Hak bertemu dan mendapat pengasuhan dari kedua orang tuanya dan yang lainnya lantas jangan dipersulit. Apalagi bila sampai memalsukan identitas ayah kandung sang anak.

    “Jika nanti ditemukan pelanggaran seperti pemalsuan identitas nama ayah misalnya, maka hal itu melanggar Undang-Undang UU Administrasi Kependudukan,” ungkap Sekjend KPAI Rita Pranawati saat ditemui di kantornya, Rabu (15/3/2017).

    Baca juga: Inilah Perempuan yang Berhasil Kembalikan Evelyn ke Pelukan Aming

    Isu nama Enji tidak dicantumkan dalam administrasi kependudukan Bilqis sebetulnya sudah sempat muncul beberapa tahun silam. Tapi waktu itu kuasa hukum Ayu Ting Ting mengatakan, semarah apapun kliennya kepada Enji, Ayu tidak akan menghapus nama Enji dari akta lahir atau dokumen penting lain Bilqis lainnya.

    “Logikanya dalam pernikahan yang sah nama ayah dan ibu pasti tercantum dalam akta kelahiran anak,” ujar Afrian Bondjol selaku kuasa hukum Ayu Ting Ting, di tahun 2014 lalu.