Puluhan Orang Tewas Tertimbun Longsoran Sampah


SURATKABAR.ID – Setidaknya 48 nyawa tak terselamatkan akibat tertimbun longsor sampah di tempat pembuangan sampah di pinggir ibu kota Ethiopia, Addis Ababa.

Para pejabat pemerintah setempat mengatakan, masih ada puluhan orang yang belum bisa ditemukan sejak insiden longsor di tempat pembuangan sampah Koshe, pada Sabtu (11/03/2017). Berdasarkan keterangan dari seorang penduduk, diketahui ada 150 orang di lokasi tersebut saat insiden terjadi. Demikian sebagaimana diwartakan kembali dari BBC.

Seorang penduduk setempat bernama Musa Suleiman Abdullah mengaku kepada kantor berita AFP bahwa dirinya mendengar “suara besar” dan melihat “sesuatu seperti tornado…melaju ke arah kami” saat longsor terjadi.

Saksi mata lainnya, Tebeju Asres, menceritakan bagaimana rumahnya ditelan oleh longsor.

Baca juga: Niatnya Bersihkan Jurang dari Sisa Longsoran, Warga Desa di Bali Ini Malah Temukan Hal Fantastis

“Ibu saya dan tiga adik saya ada di sana ketika longsor berlangsung. Sekarang saya tidak tahu nasib mereka semua,” tuturnya kepada kantor berita AP.

Sementara itu, seorang juru bicara pemerintah kota mengatakan, banyak anak-anak yang menjadi korban bencana di lokasi tempat pembuangan sampah tersebut. Petugas pemerintah masih terus melakukan pencarian terhadap korban yang hilang.

Pembuangan sampah itu diketahui sudah berdiri sejak lima dekade lalu. Tempat pembuangan sampah tersebut telah menjadi lokasi bagi ratusan orang mencari nafkah dengan memulung. Demikian reportase dari wartawan BBC, Emmanuel Igunza, di Addis Ababa.

Bahkan, beberapa orang tinggal secara permanen di lokasi tersebut.

Sebelum insiden longsor terjadi, Pemerintah Ethiopia sedang membangun pembangkit listrik bertenaga limbah untuk empat juta penduduk kota dekat tempat pembuangan sampah yang bersangkutan.