Kendaraan Tanpa Pengemudi Segera Diujicobakan Secara Resmi di California


© newsweek.com

SURATKABAR.ID – Lebih dari setahun lalu, California Department of Motor Vehicles pernah mengumumkan untuk menerbitkan peraturan khusus terkait dengan penggunaan kendaraan tanpa sopir, seperti yang sedang terus dikembangkan oleh para teknisi Google. Sayangnya, setelah mengumumkan hal tersebut, hingga tahun lalu, belum ada realisasinya.

Namun, ternyata tidak hanya menjadi omong kosong belaka, akhirnya California Department of Motor Vehicles benar-benar tidak hanya menggulirkan peraturan tersebut, namun juga memberikan regulasi khusus kepada perusahaan otomotif untuk membuat kendaraan semacam itu.

Akan tetapi, walaupun sudah memberikan izin untuk penggunaan mobil tanpa pengemudi atau self-driving car ini, pihak DMV tetap khawatir nantinya kendaraan tersebut akan menyalahi peraturan terkait keamanan mengemudi yang diberlakukan di Amerika Serikat.

Memang, baru-baru ini US National Highway Traffic Safety Administration telah mengeluarkan perizinan terkait mobil tanpa awak ini, namun tetap saja DMV masih ragu bahwa di kemudian hari kendaraan seperti itu akan aman digunakan di jalan raya.

“Jika kendaraan tersebut melanggar aturan atau bahkan mengakibatkan pejalan kaki terluka karena tertabrak, maka hal itu dapat dikatakan sudah menyalahi aturan. Untuk dapat menggunakannya, kita benar-benar memerlukan sertifikasi dari perusahaan yang menjadi penanggung jawab apakah produk mobil buatan mereka sudah layak dan dapat dioperasikan tanpa mengakibatkan suatu hal yang buruk atau tidak,” ungkap Brian Soublet, seperti yang dikutip dari TheVerge.com (10/3/2017).

Jika nantinya benar-benar kendaraan tanpa sopir ini mulai terlihat melaju di jalanan California, maka negara bagian di Amerika Serikat ini akan menjadi tempat terbesar yang selalu digunakan untuk menguji coba mobil jenis itu di seluruh dunia.

Hanya saja, walaupuntelah mengeluarkan izin untuk kendaraan tanpa pengemudi itu, namun pihak DMV menegaskan bahwa aturan itu tidak berlaku untuk truk atau kendaraan roda dua.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaHaji Lulung Sebut 90 Persen Pendukung Agus-Sylvi Beralih ke Anies-Sandi
Berita berikutnya5 Aplikasi Wajib untuk Kaum Hawa