Čezeta Type 506, Skuter Jadul Era Perang Dingin yang Dihidupkan Kembali dengan Balutan Teknologi Canggih


© theawesomer.com

SURATKABAR.ID – Mungkin jika dilihat dari bentuknya, skuter yang banyak digunakan di era Perang Dingin satu ini sangat jadul, ketinggalan zaman dan tidak cukup bagus untuk dimiliki. Namun siapa sangka bahwa skuter jenis ini justru merupakan incaran bagi banyak pecinta motor jenis tersebut dan juga para kolektor.

Berlandaskan dengan pemikiran tersebut ditambah popularitasnya yang ‘ngehits’ di eranya, sebuah perusahaan bernama Česká Zbrojovka Strakonicemencoba menghidupkan kembali skuter jenis ini dengan model baru dan mendapatkan sentuhan teknologi otomotif zaman sekarang.

Dalam penjelasan seperti yang dikutip dari NewAtlas.com (11/3/2017), skuter yang dinamakan Čezeta Type 506 ini merupakan apresiasi dari perusahaan atas 60 tahun masa keemasannya. Dan dalam model terbarunya, pihak Česká Zbrojovka Strakonicemengatakan bahwa nantinya produknya itu akan mengadopsi teknologi matic seperti skuter-skuter modern seperti sekarang ini.

Walaupun masih tetap menggunakan desain model luaran yang sama seperti aslinya, namun pada bagian dalamnya, Čezeta akan dilengkapi dengan pendorong tenaga berkekuatan 11kW (14,8 hp) yang disematkan pada bagian tengah dan mampu melaju dengan kecepatan maksimal 120 km/jam. Bahkan, pihak perusahaan mengklaim bahwa untuk mencapai 0-60 meter, hanya dibutuhkan waktu 3,2 detik saja.

Untuk sistem kelistrikannya, Čezeta dilengkapi dengan baterai Panasonic 18650 LiFeYP04 yang dibuat dalam 2 jenis. Baterainya tersebut dapat diisiulang menggunakan sistem kelistrikan di rumah. Tidak hanya itu saja, terdapat juga lampu LED pada bagian depannya mirip seperti yang terdapat pada JW Speaker’s Model 8790. Selain itu, pihak perusahaan juga menambahkan fitur Bluetooth dan GPS yang dapat diintegrasikan dengan smartphone.

Sayangnya, untuk sementara ini Čezeta Type 506 hanya dijual dan memiliki lisensi pemasaran di daerah Eropa saja, namun diperkirakan di tahun 2018 mendatang akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat, Australia dan Asia. Harga dari produk skuter ini sekitar USD 8,200. Berminat membelinya?