Perangi Spam dan Bots, Google Bakal Uji Cobakan Sistem Captcha Baru


    © codingo.me

    SURATKABAR.ID – Untuk memangkas maraknya spam dan bots yang sekarang ini banyak beredar secara online, maka dari itulah konsep awal digunakannya sistem captcha. Dari tahun ke tahun, sistem captcha ini mengalami beberapa perubahan dan menjadi lebih baik lagi.

    Kini, ada kabar baru yang mengatakan bahwa Google sedang mengembangkan sistem keamanan berbasis captcha terbaru yang akan meminta pengguna internet menyelesaikan sebuah teka-teki secara benar. Memang cara ini nantinya akan terkesan lebih ribet dibandingkan captcha sebelumnya, namun Google mengatakan bahwa yang mereka kembangkan tersebut sangat penting dan bermanfaat untuk memerangi spam dan bots.

    Bahkan menurut apa yang dilansir oleh BBC.com (10/3/2017), dengan sistem captcha baru ini, Google dapat sekaligus melacak di mana sang pengguna internet berada untuk membuktikan bahwa mereka manusia asli atau bukan robot.

    Sebelum ini, ada banyak laporan dari berbagai pihak terkait serangan bots dan spam ini, salah satunya adalah yang pernah dialami panitia penyelenggara konser di Negara Paman Sam sana. Mereka melaporkan bahwa pembelian tiket secara online tiba-tiba ludes dengan sekejap karena diborong oleh seseorang yang ternyata hanyalah robot bots saja.

    Tentu saja, bukan rahasia umum bagi semua pihak bahwa sebenarnya selain untuk memerangi bots dan spam, Google juga memiliki tujuan lain dengan menggelar sistem captcha ini, salah satunya adalah untuk mengetahui hal-hal lain secara jelas ketika produk Streetview mereka tidak dapat menangkap suatu nama, gambar atau nomor rumah secara jelas. Dengan menggunakan captcha dan gambar, maka hal tersebut akan masuk menjadi data perusahaan.

    Sayangnya, sampai sekarang belum diketahui lebih lanjut bagaimana sistem captcha terbaru dari Google tersebut nantinya akan dilakukan. Ada anggapan bahwa tetap meminta pengguna untuk memilih gambar yang ditampilkan secara random atau menuliskan angka atau tulisan di layar dengan metode yang baru.