Jangan Lengah, Ada Bahaya Besar dari Gunakan Wi-Fi Gratis di Tempat Umum


    © letsintern.com

    SURATKABAR.IDJika di waktu lalu jargon “Sandang, Pangan dan Papan” yang bagus adalah suatu hal yang wajib dimiliki oleh seseorang agar dapat menikmati nyamannya kehidupan, namun sekarang ini ada satu tambahan lagi, yaitu koneksi internet. Kenapa koneksi internet? Hal itu dikarenakan di era digital ini, hampir semua aktivitas dapat terbantu secara mudah menggunakan internet.

    Dengan kebutusan akan koneksi internet ini, bermunculanlah banyak operator-operator penyedia layanan internet berbasis Wi-Fi dan dapat digunakan di tempat tinggal. Hanya saja, kekurangan dari Wi-Fi home integrated ini adalah hanya dapat digunakan ketika seseorang tersebut berada di area tempat tinggalnya saja dan akan kehilangan koneksi jika berada di luar jangkauan.

    Untuk itu, tidak hanya pemerintah saja, ada juga perusahaan atau pihak-pihak tertentu yang menyediakan area Wi-Fi agar dapat digunakan oleh seseorang dalam mengakses internet di publik umum. Namun, ada satu kendala yang muncul dengan keberadaan Wi-Fi publik ini, yaitu pada sisi keamanan datanya.

    Mungkin banyak orang yang tidak sadar atau bahkan acuh terhadap pencurian data secara online ketika dia menggunakan koneksi internet publik karena menganggap hal tersebut mustahil dilakukan. Akan tetapi, dengan semakin canggihnya era teknologi dan internet sekarang ini, tidak ada yang dapat dikatakan mustahil.

    Dalam suatu artikel yang diwartakan NewAtlas.com (9/3/2017), Man In the Middle (MITM) atau kerap dikenal dengan nama peretas adalah pihak yang mampu melakukan pencurian data secara online. Para peretas ini akan menggunakan celah keamanan yang didapatnya untuk mencuri data-data korban secara mudah.

    Bahkan, sekarang ini banyak penelitian oleh para pakar IT yang menyatakan bahwa peretas sudah beranjak ke level yang lebih tinggi dengan tidak mengandalkan akses poin asli saja, karena mereka dapat menyediakan akses poin palsu yang dapat digunakan oleh user umum dan kemudian para hacker dapat meretas perangkatnya secara mudah.

    Maka jika Anda masih menganggap bahwa menggunakan koneksi Wi-Fi terutama di tempat yang bertuliskan “Free Public WiFi” adalah aman, maka ubah pemikiran tersebut dan mulailah untuk meproteksi perangkat agar data-data penting yang Anda miliki tidak dicuri dan digunakan untuk hal-hal negatif oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.