Ibu-Ibu, Awasi Anak Anda! Begini Dampak Mengerikan dari Skip Challenge


SURATKABAR.ID – Bagi para orangtua “Skip Challenge” tentu merupakan hal yang sama sekali asing. Tapi bagi anak-anak hingga remaja, “Skip Challenge” merupakan sebuah tantangan yang kini tengah populer.

Tak sedikit siswa yang mencoba melakukan tantangan ini untuk dianggap keren. Padahal, dampaknya sangat mengerikan, bahkan kematian.

Skip Challenge dikenal sebagai “Pass Out Challenge” di luar negeri. Caranya, seorang anak akan ditekan dadanya hingga dia pingsan dan kejang-kejang. Tak lama kemudian anak ini akan sadar kembali.

Hal yang terlihat sepele memang, namun dibalik kesepelean itu, sebenarnya anak-anak tengah bermain dan menantang maut.

Baca juga: Geger! Perampok Sadis Ini B***h Ibu dan Gagahi Anak Gadisnya

Dilansir bintang.com dari nobullying.com, tantangan ini sudah ada sejak tahun 1995. Ini merupakan bentuk permainan yang lebih menantang daripada mengonsumsi obat-obatan terlarang. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa permainan ini bisa merubah suasana hati seketika.

Kini, tak sedikit remaja yang mengunggah video tantangan tersebut ke akun media sosial mereka, termasuk Facebook dan Instagram.

Mereka dengan bangganya menampilkan bagaimana cara kerja Skip Challenge. Teman-teman di sekitarnya mungkin akan tertawa-tawa. Namun, siswa yang melakukan tantangan ini akan mendadak lemas, pingsan, kemudian kejang-kejang.

Lantas, tahukah para orangtua bahwa tantangan yang dilakukan anak-anak untuk seru-seruan ini sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan otak hingga kematian?

Skip Challenge sama dengan kondisi dimana seseorang sedang kekurangan napas. Sebab, pergerakan otot dada dipaksa berhenti. Akibatnya, tak ada oksigen yang dapat dialirkan ke otak.

Tak perlu menunggu waktu lama, kurang dari lima menit, otak akan mengalami kerusakan karena kekurangan oksigen.

Orangtua harus benar-benar mengawasi agar anak tak melakukan tantangan gila ini. Sebab, remaja dan anak-anak menganggap bahwa permainan ini tak berpengaruh buruk seperti ketika mengonsumsi obat-obatan terlarang. Padahal, Skip Challenge malah dapat berakibat kematian mendadak pada seseorang.

Berikut salah satu videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=khhL_j65Lrc