Peneliti dari UCI Ciptakan Serum Antivenom yang Dapat Netralkan Racun Ular Paling Berbisa


© dinoanimals.com

SURATKABAR.ID – Menurut data laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya ada sekitar 5 juta orang setiap tahunnya terkena gigitan ular berbisa dan lebih dari 100 ribu di antaranya tewas karena terlambat ditangani dan ratusan ribu lainnya mengalami cacat permanen.

Walaupun sekarang ini sudah ada banyak sekali antivenom atau serum antiracun ular, namun belum ada satupun yang dapat dikatakan benar-benar ampuh melawan bisa racun ular yang mematikan tersebut. Ditambah lagi, pemasarannya sangatlah terbatas dan jarang dapat dijangkau oleh orang-orang yang tinggal di pedesaan.

Untuk itu, sebuah penelitan yang digelar oleh para pakar dari University of California Irvine (UCI) berhasil mengembangkan sebuah serum yang dapat menetralisir racun dari beberapa spesies ular yang memiliki bisa cukup mematikan.

Menurut peneliti dari UCI, serum yang mereka kembangkan tersebut adalah solusi sintetis yang dapat menghentikan kerusakan sel akibat zat racun dari bias ular.

“Antivenom yang kami ciptakan ini berfungsi untuk memerangi racun dari beberapa jenis ular tertentu. Serumnya memiliki kemampuan spektrum yang cukup luas untuk menghentikan kerusakan sel. Biayanya cukup murah dan mudah didapatkan siapa saja. Penemuan ini sangat bagus dan mampu menyelamatkan banyak nyawa,” jelas salah satu peneliti, Jeffrey O’Brien, seperti yang diwartakan oleh NewAtlas.com (8/3/2017).

Serum yang dinamakan “Nanodote” tersebut diciptakan dengan menggunakan beberapa zat yang salah satunya adalah nanogel polimer yang telah dimodifikasi. Ketika disuntikkan di bagian yang terkena gigitan ular berbisa, maka nanopartikel dari Nanodote akan menyerap racun dengan cara mengikat protein tertentu agar racun tersebut tidak menyebar dan melindungi jaringan sel pada tubuh. Setelah menyerap dan mengikat partikel racunnya, Nanodote akan menetralkan kandungannya.

Sekarang ini, para peneliti akan melakukan uji coba untuk mengetahui sejauh mana kekuatan Nanodote melawan bisa racun ular dari beberapa spesies tertentu. Jika terbukti manjur, maka serum tersebut akan dipatenkan dan sangat berguna di masa mendatang.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKuri, Robot Rumahan yang Dapat Deteksi Wajah dan Membalas Senyuman
Berita berikutnya#EsTehAnget, Kisah Romantis ala FTV Dibalik Demo Supir Angkot di Malang