Robot Ini Bisa Berhenti Lakukan Kesalahan


SURATKABAR.ID – Tim dari Ilmu Komputer dan Laboratorium Kecerdasan Buatan (CSAIL) Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Boston University membuat sistem yang merubah operator menjadi detektor kesalahan otomatis. Tujuan sistem ini untuk memperingatkan robot saat melakukan kesalahan.

Robot yang bisa dikendalikan oleh pikiran bukanlah hal baru. Namun mereka masih perlu dikembangkan. Kendali langsung dari otak ke mesin mungkin saja menghindari masalah antarmuka mekanik atau mengajari robot untuk merespon pada perintah suara, tapi ini saja tak cukup. Cukup rumit untuk membuat robot melakukan hal yang tepat sesuai perintah.

Menurut MIT, layar electroencephalography (EEG) sebelumnya digunakan untuk mengatur robot, mengajari robot untuk berpikir secara tertentu, seperti melihat salah satu dari dua cahaya yang ditampilkan untuk memberitahu tugas mana yang harus dilakukan oleh robot. Masalahnya cara ini sangat rumit dan butuh perhatian konstan.

Seperti yang diwartakan Newatlas.com, pendekatan CSAIL untuk membuat jalur perintah lebih seperti umpan balik dengan mengamati otak operator sedemikian rupa. Sehinggga robot dapat menangkap suatu sinyal yang menyatakan dia melakukan kesalahan.

“Bayangkan mampu secara langsung memberitahu robot untuk melakukan suatu pekerjaan, tanpa perlu mengetik perintah, menekan tombola tau bahkan mengatakan sesuatu,” kata Daniela Rus, Direktur CSAIL. Pendekatan seperti itu mampu meningkatkan kemampuan kita untuk mengawasi robot pabrik, mobil tanpa pengendara, dan teknologi lain yang belum ditemukan.

Gagasannya adalah melihat pada “potensial yang terkait eror” (ErrPs), bukan pada perintah sadar otak. ErrPs merupakan pola sinyal yang dikeluarkan oleh otak ketika seseorang melihat sebuah kesalahan. Denga kata lain, tanpa berpikir secara sadar, operator dapat memperingatkan robot saat mereka melakukan kesalahan. Sinyal tersebut akan dikirim secara otomatis ke robot.

Tim berharap teknologi ini mampu berguna bagi orang yang tak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara verbal.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaErnest Prakasa Tuding Dirinya Danai ISIS, Ini Pengakuan Zakir Naik
Berita berikutnyaGeger! Polisi Tangkap 4 Teroris yang Akan Serang Raja Salman