Waduh! Ahli Bedah Temukan 915 Uang Koin dari Perut Kura-Kura Laut Ini


SURATKABAR.IDTiap wilayah di seluruh penjuru dunia ini memiliki kepercayaan mereka masing-masing. Mungkin hal itu sah-sah saja dilakukan jika memang begitulah yang mereka percayai, tapi beda lagi masalahnya jika kepercayaan tersebut sampai melukai atau membuat makhluk lain tersiksa, seperti kejadian yang ditemukan di Thailand belum lama ini.

Dilansir dari Gizmodo.com, seekor kura-kura laut betina berwarna hijau di kota timur Sri Racha ditemukan telah menelan 915 uang koin karena terdapat sebuah kepercayaan di Thailand bahwa melemparkan uang koin pada seekor kura-kura akan memberikan hidup panjang dan keberuntungan dalam hidup.

Akibatnya, selama bertahun-tahun kura-kura betina ini telah mengonsumsi koin-koin tersebut dan terus tersimpan di dalam perutnya sampai akhirnya para ahli bedah memutuskan untuk mengeluarkannya dengan jalan operasi.

Kemarin (08/03/2017), para dokter hewan di Bangkok akhirnya mengoperasi kura-kura laut berumur dua puluh lima tahun tersebut. Mereka mengeluarkan koin-koin tersebut satu persatu.

Kura-kura betina berusia dua puluh lima tahun tersebut diberi nama “Bank”. Ia menelan koin-koin tersebut setelah para turis melemparkannya ke dalam kolam tempat Bank hidup. Di dalam tubuhnya, koin-koin tersebut membentuk sebuah bola besar yang berat di dalam perutnya dan berbobot sekitar 11 pound atau 5 kg.

Bola besar yang terbuat dari koin tersebut akhirnya menciptakan retakan pada tempurung bagian perutnya yang kemudian terjadi infeksi hebat yang membuat makhluk tersebut kesakitan sampai nyaris mati. Akhirnya para angkatan laut pun memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit hewan.

Pemindaian 3D dilakukan untuk melihat isi perutnya yang ternyata tidak hanya berisi kumpulan koin saja, tapi juga ada sepasang kail ikan di dalamnya. Satu tim yang terdiri dari lima ahli bedah hewan dari fakultas kedokteran hewan Chulalongkorn University membius Bank dan mengambil koin-koin tersebut dari dalam perutnya.

Selama empat jam operasi, para ahli bedah tersebut mengambil satu persatu koin di dalam perut Bank melalui sayatan sepanjang 4 inci. Banyak diantara koin tersebut sudah berkarat atau sudah hampir tidak berbentuk.

Untuk biaya operasi Bank, masyarakat mengumpulkan donasi yang terkumpul sekitar 15.000 Baht (atau sekitar $428). Operasi berjalan dengan baik, tapi pihak dokter menyatakan bahwa untuk proses penyembuhan tergantung pada kondisi Bank. Jika Bank sembuh, nantinya dia akan diperbolehkan kembali ke kolamnya di Sri Racha, tapi belum bisa dipastikan apakah setelah kejadian ini turis masih diperbolehkan untuk melemparkan koin ke kolam Bank atau tidak.


SUMBERGizmodo.com
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaHeboh! Nama Ganjar Pranowo Terdapat di Lembar Dakwaan Kasus E-KTP
Berita berikutnyaPanasonic Kenalkan Produk Panel Solar untuk Toyota Prius Terbaru