Panasonic Kenalkan Produk Panel Solar untuk Toyota Prius Terbaru


SURATKABAR.ID – Panel solar pada atap mobil telah lama digunakan sebagai konsep banyak produsen mobil di dunia. Dikutip dari New Atlas.com, raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, menjadi manufaktur mobil pertama yang menawarkan konsep ini pada mobil Prius hybrid di tahun 2012. Dan sekarang, perusahaan teknologi Panasonic telah mengembangkan sebuah panel solar fotovoltaik pada atap mobil untuk model Prius PHV terbaru.

Disebut sebagai HIT Photovoltaic Module untuk mobil, panel solar ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 180 W. Model ini menjadi model pertama yang dirancang dengan kemampuan untuk mengisi ulang aki lithium-ion powertrain serta aki lead-acid 12 V. Panel solar Panasonic juga dirancang untuk bertahan di lingkungan panas, yang biasanya menyebabkan penurunan daya output seiring naiknya suhu.

Panel solar ini dipasang di atas atap kaca mobil Prius yang melengkung guna mencocokkan desain atap Prius. Namun, lapisan kaca pelindung panel solar ini masih belum melewati uji ketahanan di Amerika Serikat, sehingga HIT Photovoltaic Module baru tersedia untuk mobil Prius yang dipasarkan di Jepang dan Eropa.

Panasonic mengklaim jika mobil terparkir dalam kondisi terkena sinar matahari, panel solar ini dapat menyokong kebutuhan listrik sejauh 6 km. Selain itu, pihak Toyota mengatakan bahwa Prius PHV buatannya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk mengisi penuh bahan bakar listrik hanya dengan menggunakan panel solar ini.

Selain untuk Prius, panel solar ini disebut-sebut akan digunakan pada mobil listrik Tesla Model 3. Dikutip dari BGR.com, direktur Tesla, Elon Musk, mempertimbangkan penggunaan panel solar pada mobil buatannya. Panasonic sendiri dikabarkan memiliki kedekatan dengan manufaktur mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut. Kedua belah pihak dikabarkan akan memulai kerja sama mereka setelah Tesla mengakuisisi SolarCity.

Bagaimana pendapat Anda? Akankah Tesla Model 3 memiliki fitur panel solar?