Terinspirasi Konsep Mobil Tanpa Sopir, Volkswagen Group Kenalkan Kursi Penumpang Nyaman Layaknya di Rumah


VW Sedric, mobil tanpa awak keluaran Volkswagen Group yang menawarkan kursi penumpang berhadapan

SURATKABAR.IDSetelah Google dan Tesla sempat menghadirkan mobil tanpa awak untuk kebutuhan berkendara masyarakat dunia, Volkswagen (VW) Group mengikuti langkah yang sama dengan diluncurkannya Sedric, singkatan dari Self Driving Car, dengan gaya yang tak kalah memukau.

Meskipun VW Group telah menguasai seni berbagi platform, mobil dengan kemampuan unik dibuat oleh perusahaan mobil ini. VW Gold dan Seat Leon memiliki rangka kendaraan dan mesin dasar yang sama dengan produk lain VW, namun elemen-elemen tersebut dikemas dengan eksterior yang jauh sekali berbeda karena didesain oleh tim yang berbeda pula. Hal ini menunjukkan bahwa semua merk dari keluaran pabrik yang sama memiliki senduhan unik yang bermacam. K

onsep terbaru oleh VW sedikit ‘keluar jalur’ dari kebiasaan tersebut dengan mengembangkan gagasan baru terkait kendaraan autonomous, yaitu kendaraan yang bertujuan mengubah polah hidup masyarakat agar lebih aman ketika berkendara.

Dengan diluncurkannya Sedric ini, para desainer menunjukkan bahwa suatu merk memiliki ciri khasnya sendiri, namun saat ini mereka berfokus pada teknologi. Teknologi ini menawarkan para penumpang agar merasa nyaman seperti di rumah dan menawarkan kemudi post-steering wheel.

Penumpang hanya perlu mengatakan arah mobil bergerak, maka secara otomatis mobil tanpa kemudi ini akan menuruti. Selain menerima perintah, Sedric mampu memberikan informasi lalu lintas, waktu tempuh, dan jalan pintas. Kaca depan mobil juga dapat berkomunikasi dengan penumpang menampilkan kata-kata dari layar OLED.

Tanpa bantuan peta online¸ Sedric juga mampu seberapa jauh mobil telah melaju sebelum mengabarkan kepada pengguna bahwa mobil akan sampai dengan menggunakan isyarat fisik dan visual.

Meskipun konsep yang ditawarkan VW Sedric terlihat sangat mumpuni untuk kelas kendaraan autonomus, namun pihak VW belum membeberkan lebih jauh terkait powertrain, sistem yang mengatur distribusi tenaga dari mesin ke roda, yang digunakan.