Perusahaan Otomotif Polandia Kembangkan Dua Mobil Listrik Ramah Lingkungan


SURATKABAR.ID – Banyak perusahaan otomotif di dunia yang berkompetisi untuk menciptakan mobil masa depan yang ramah lingkungan.

Dikutip dari BBC.com, sebuah perusahaan startup asal Polandia, Impact Automotive Technologies, di tahun 2009 meluncurkan SAM, yaitu sebuah mobil listrik roda tiga yang memiliki tampilan depan seperti karakter di film kartun.

SAM awalnya diproduksi oleh perusahaan startup asal Swiss, Cree. Karena bangkrut, proyek mobil ramah lingkungan ini diambil alih oleh Impact Automotive di tahun 2008.

SAM memiliki dua tempat duduk dan dilengkapi dengan sabuk pengaman, spion, lampu dan fitur-fitur layaknya mobil konvensional lainnya. Karena mengusung konsep ramah lingkungan, bodi mobil SAM terbuat dari polietilen yang dapat didaur ulang seperti yang digunakan pada botol susu dan meja lipat.

Sebagai bahan bakar, SAM dilengkapi dengan baterai lithium-polymer yang dapat diisi ulang. Dengan sekali isi ulang, SAM dapat menempuh jarak 80 – 100 km dengan kecepatan maksimum 90 km/jam, tergantung dengan pola mengemudi dan suhu lingkungan. Dikutip dari New Atlas.com, mobil ramah lingkungan ini dibandrol mulai dari US$8.600 atau sekitar 115 juta Rupiah tanpa baterai hingga US$14.350 atau sekitar 190 juta Rupiah dengan baterai yang dapat menempuh jarak hingga 161 km.

Selain SAM, perusahaan otomotif Polandia lainnya mengenalkan konsep mobil yang diberi nama Varsovia. Berbeda dengan SAM, mobil ramah lingkungan ini memiliki desain dan fitur yang lebih mewah. Bodi Varsovia terbuat dari material komposit yang dapat terurai dan dipadukan dengan pola belah ketupat yang timbul untuk menambah kesan mewah.

Untuk interior, Varsovia menggunakan kombinasi bahan dari kayu, aluminium, kulit, perak dan batu mineral yang dilapisi bahan antiseptik dan hidrofobik. Selain itu, setiap kursi penumpang dilengkapi dengan sistem pemanas, pendingin dan pemijat. Untuk dapur pacunya, Varsovia menggunakan mesin pembakaran internal sebagai generator yang dapat menempuh jarak 350 – 520 km sekali isi ulang.